Kaleidoskop Pendidikan 2020: Inovasi dan Prestasi Gemilang Unikama untuk Negeri

Jan 01, 2021 08:09
Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama). (Foto: Doc. Humas)
Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama). (Foto: Doc. Humas)

MALANGTIMES - Tak terasa, tahun 2020 telah menemui muaranya. Tahun 2020 menjadi tahun yang berat bagi semua orang karena adanya pandemi global. Di tahun ini, aktivitas manusia di seluruh sektor dibatasi. Dampaknya meliputi berbagai bidang, tak terkecuali bidang pendidikan.

Penyebaran Covid-19 di Indonesia memberikan dampak besar terhadap pendidikan di perguruan tinggi. Berbagai kegiatan kampus dibatasi. Termasuk, harus menerapkan kebijakan kuliah daring atau pembelajaran jarak jauh. Dengan segala keterbatasan ini, Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) tak mau berputus asa. Kampus multikultural ini terus melakukan penyesuaian diri. Pandemi tak menghalangi Unikama untuk meraih berbagai pencapaian.

Baca Juga : Influencer Berprestasi dari UIN Malang Harumkan Nama Provinsi Jawa Timur

Mulai awal tahun hingga Desember 2020, Unikama telah berhasil menelurkan sejumlah prestasi yang membanggakan. Sebagai kado akhir tahun, berikut ini rentetan prestasi Unikama yang telah dirangkum oleh MalangTIMES dalam sebuah Kaleidoskop Unikama 2020.

 

 

1. Pecahkan Rekor Muri

Pecahkan-Rekor-Muri-2cb51658235bf35c6.jpg
Pecahkan-Rekor-Muri789914888219b5e1.jpg

Di masa pandemi ini, Unikama mencatatkan sejarah di Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI). Unikama mendapatkan piagam penghargaan dari MURI karena telah memecahkan rekor Webinar dengan pembicara Alumni Terbanyak dari Satu Perguruan Tinggi. Penyerahan penghargaan tersebut dilakukan secara virtual oleh Pendiri Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), Jaya Suprana kepada Rektor Unikama Dr Pieter Sahertian MSi pada Selasa, 28 Juli 2020.

Sebelumnya, Unikama telah mengadakan Diskusi Online (DiskOn) Bareng 55 Alumni dari berbagai profesi yang beberapa di antaranya sedang studi Magister dan Doktoral di dalam maupun Luar Negeri. Peserta webinar sekitar 100 peserta harian dari para alumni, dosen, mahasiswa dalam 7 sesi selama 6 hari berturut-turut mulai tanggal 20-25 Juli 2020. Kegiatan tersebut menyuguhkan berbagai topik pembahasan yang menarik dan tentunya sangat dibutuhkan sekali di era pandemi Covid-19. Kegiatan ini juga dibuka langsung oleh Prof. drh. Aris Junaidi, Ph.D selaku Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

 

2. Masuk Top 100 Besar Perguruan Tinggi se-Indonesia

2-Masuk-Top-100-Besar-Perguruan-Tinggi-Se-Indonesiaf0c39a39023e9c68.jpg

Dalam release Dirjen Dikti Kemdikbud 16 Agustus 2020 tentang Klasterisasi Perguruan Tinggi Tahun 2020, nama Universitas Kanjuruhan Malang melejit di peringkat ke-89. Posisi ini mengalami peningkatan dibanding tahun 2019 yang berada pada peringkat 104.

Capaian ini tentunya membanggakan bagi seluruh sivitas akademika, karena hal tersebut merupakan kerja kolektif, baik dari unsur Badan Penyelenggara (yayasan), Pimpinan Universitas, Dekanat, Program Studi, dan unit akademik lainnya serta unit penunjang akademik yang dapat bersinergi dengan baik.

3. Berubah Nama Menjadi Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

3-Berubah-Nama-Menjadi-Universitas-PGRI-Kanjuruhan-Malang5724c7e73c6d1e4f.jpg

Universitas Kanjuruhan Malang resmi berubah nama menjadi Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, berdasarkan Surat Keputusan Menteri No. 1073/2020 tanggal 8 Desember 2020. Acara peresmian atau launching perubahan nama dilaksanakan Kamis (17/12/2020) secara virtual melalui platform zoom dan youtube Unikama. Untuk non virtual dilaksanakan di ruang Abdul Radjab dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. 

Launching perubahan nama ini diikuti seluruh Pengurus PPLP PT PGRI Malang, Rektor beserta jajaran, Dosen, Karyawan, Mahasiswa, Undangan dan Juga tamu istimewa yaitu Ketua Umum Pengurus Besar PGRI Pusat, Ketua PPLP PGRI Pusat, dan Kepala LLDIKTI Wilayah 7 Jawa Timur.

Dengan perubahan nama ini, maka Universitas Kanjuruhan Malang adalah masa lalu dan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang adalah Masa Depan menuju Unikama Unggul di 2025.

4. Terapkan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

Prestasi-Terbaru-di-Akhir-Tahun-29416c79c3761ea9b.jpg

Unikama berhasil menerapkan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dari Kemdikbud dengan melakukan Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara Sistem Alih Kredit dengan Teknologi Informasi (Permata Sakti). 

Salah satu programnya adalah Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara Sistem Alih Kredit dengan Teknologi Informasi (Permata Sakti). Dalam praktiknya Unikama menerima mahasiswa dari Universitas lain di Indonesia untuk mengikuti perkuliahan di Unikama secara daring.

5. Tingkatkan Kualitas SDM

Terapkan-Program-Merdeka-Belajar-Kampus-Merdeka-MBKM4cc3c02c4c8b1276.jpg

Selain itu, jumlah dosen S3 di Unikama sudah mencapai 30 persen dari jumlah dosen yang aktif. Sertifikasi dosen meningkat menjadi 104 dari total keseluruhan yang berjumlah 190 dosen. Jumlah guru besar atau profesor meningkat menjadi 6 orang. Unikama juga berhasil mendapatkan peningkatan jumlah dana hibah untuk penelitian dan pengabdian.

6. Prestasi Terbaru di Akhir Tahun

Terapkan-Program-Merdeka-Belajar-Kampus-Merdeka-MBKM023975a2059a5853.jpg

Sederet prestasi juga terukir di sepanjang tahun 2020 dari mahasiswa, dosen, hingga institusi. Baik di tingkat regional sampai dengan nasional.

Terbaru, Unikama dipercaya Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Dirjen Belmawa Kemdikbud) menjadi tuan rumah pelaksanaan Bimtek Pengembangan Kurikulum Perguruan Tinggi, Kamis (3/12/2020). Program Kerja Belmawa tersebut turut mengundang Universitas lain di Wilayah 7 – Jawa Timur.

Dari mahasiswa, Tim Blantix berhasil lolos 5 besar Akselerasi Startup Mahasiswa Indonesia (ASMI). Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Belmawa Dikti Kemdikbud) untuk meningkatkan motivasi kewirausahaan dan membangun ekosistem startup di Indonesia untuk kalangan mahasiswa.

 

Topik
Kaleidoskop Pendidikan 2020Dirjen Belmawa KemdikbudAkselerasi Startup Mahasiswa IndonesiaUniversitas PGRI Kanjuruhan MalangUniversitas Kanjuruhan Malang (Unikama)

Berita Lainnya

Berita

Terbaru