Tiba di Surabaya, Pemkab Malang Siapkan Cold Storage untuk Penyimpanan Vaksin Covid-19

Jan 05, 2021 19:53
Sekda Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat saat memaparkan kesiapan Pemkab Malang dalam mendistribusikan vaksin Covid-19
Sekda Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat saat memaparkan kesiapan Pemkab Malang dalam mendistribusikan vaksin Covid-19

MALANGTIMES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang tengah bersiap-siap mendistribusikan vaksin Covid-19. Cold Storage atau tempat penyimpanan dingin vaksin juga tengah dipersiapkan untuk menyambut kedatangan vaksin yang saat ini masih berada di Surabaya. 

Kesiapan itu disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat saat ditemui awak media di Pringgitan Pendopo Agung Kabupaten Malang, Selasa (5/1/2021). ”Kalau terkait vaksin itu (Covid-19) sudah ada di Surabaya, nanti ke sini (Kabupaten Malang). Siapa yang akan diberi juga sudah jelas, (datanya, red) ada di Dinkes (Dinas Kesehatan, Kabupaten Malang),” ungkapnya.

Baca Juga : 2021, Pemkab Malang Siapkan Rp 13 Miliar untuk Tanggulangi Covid-19

Meski tidak bisa menyampaikan secara rinci, namun yang pasti, disampaikan Wahyu, pemberian vaksin Covid-19 tersebut bakal diprioritaskan untuk tenaga kesehatan (nakes). ”Yang jelas nakes, TNI dan Polri, kemudian tokoh-tokoh masyarakat baru nanti masyarakat (umum),” terangnya.

Selain mempersiapkan data prioritas penerima vaksin, Sekda Kabupaten Malang juga mengaku telah mempersiapkan Cold Storage untuk menyimpan vaksin Covid-19, sebelum akhirnya didistribusikan di Kabupaten Malang.

”Sudah disiapkan (cold storage), pengakuan dari Dinkes (Kabupaten Malang) sudah. Jadi nanti vaksin datang tempatkan di mana sudah ada cold storage-nya. Jadi apabila (vaksin Covid-19) datang, kita sudah antisipasi untuk kesiapannya,” tuturnya.

Terkait kapan vaksin tersebut bakal tiba di Kabupaten Malang, Wahyu mengaku masih menunggu instruksi yang telah ditetapkan oleh Pemerintan Provinsi (Pemprov) Jawa Timur. ”Kita nunggu jadwal, pembagiannya nanti bagaimana kita akan tetap menunggu petunjuk lebih lanjut,” imbuhnya.

Ketika disinggung apakah siap menerima vaksi Covid-19 pertama sebelum didistribusikan kepada beberapa lapisan masyarakat di Kabupaten Malang? Wahyu mengaku siap dan bakal bersedia sepenuhnya jika memang dirinya ditunjuk untuk disuntik vaksin Covid-19 dari China tersebut.

Baca Juga : Bupati Sanusi Tinjau 3 Rest Area, Pastikan Jalan ke Gunung Bromo Kondisi Baik

”Lho saya siap saja, Pak Bupati (Malang) sudah siap kok, saya ya siap saja. Bupati kan sudah sampaikan; saya yang pertama,” tukas Wahyu saat menirukan pernyataan Bupati Malang.

Seperti yang sudah diberitakan, dalam pernyataannya Bupati Malang Sanusi memang mengaku siap, jika dirinya dituntut untuk menerima vaksin Covid-19 pertama di Kabupaten Malang.

Topik
Pemerintah Kabupaten Malang Vaksin Covid 19 Cold Storage Sekda Kabupaten Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru