Lima Benda ini Berasal Dari Surga, Ada yang Ditemukan di Indonesia

Jan 05, 2021 08:32
Ilustrasi (Istimewa).
Ilustrasi (Istimewa).

MALANGTIMES - Dalam ajaran Islam, surga menjadi tujuan terkahir setiap umat muslim. Rasulullah SAW pun senantiasa memberikan pedoman agar muslim di seluruh dunia selalu melakukan perbuatan yang diridhai Allah SWT, dan melanjutkan ibadah di surga setelah kematian.

Keindahan dan segala sesuatu mengenai surga pun tak pernah luput diceritakan Nabi Muhammad. Hal itu tercermin dari berbagai hadits yang diriwayatkan dan sampai kepada umat muslim hingga hari ini. Bahkan, beberapa menyebutkan jika benda-benda yang berasal dari surga saat ini beberapa dibawa ke bumi.

Baca Juga : Ajaib, Ini Penampakan Pohon Pisang Raksasa dan Pohon Durian, Buahnya Tumbuh di Bawah

Dilansir dari channel YouTube Ensiklopedia al-Fatih disebutkan, Nabi Muhammad SAW telah menggambarkan keindahan surga. Terdapat istana yang sangat megah hingga bidadari yang cantik tiada tara, buah yang bisa dipetik setiap saat, dan pemandangan yang indah.

Namun ternyata, benda-benda yang berasal dari surga itu bisa ditemukan di dunia, bahkan di Indonesia. Berikut ini benda-benda yang diduga berasal dari surga tersebut.

1. Hajar Aswad

Hajar Aswad merupakan batu hitam yang berada di sisi Kakbah. Batu tersebut diyakini berasal dari surga dan dibawa langsung oleh Malaikat Jibril dan diserahkan kepada Nabi Ismail dan Nabi Ibrahim saat membangun Kakbah.

Dari Abdullah bin Amru berkata, "Malaikat Jibril telah membawa Hajar Aswad dari surga, lalu meletakkannya di tempat yang kamu lihat saat ini. Kamu tetap akan berada dalam kebaikan selama Hajar Aswad itu ada. Nikmatilah batu itu selama kamu masih mampu menikmatinya. Karena akan tiba saatnya di mana Jibril membawa kembali batu tersebut ke tempat semula (HR. Al-azraqy).

Rasulullah SAW bersabda, "Hajar Aswad turun dari surga. Batu tersebut begitu putih, lebih putih dari susu. Dosa manusialah yang membuat batu tersebut hitam," (HR. Tirmidzi).

"Hajar Aswad adalah batu dari surga. Batu tersebut lebih putih dari susu. Dosa orang musyriklah yang membuatnya jadi hitam," (HR. Ahmad).

2. Kayu Gaharu

Kayu Gaharu diyakini berasal dari surga. Kayu tersebut bahkan bisa ditemui di Indonesia. Kebanyakan tumbuh di Merauke, Borneo, Sulawesi, dan sebagian Pulau Sumatera. Kayu tersebut merupakan kayu termahal di dunia. Produk olahan Kayu Gaharu berupa dupa, gelang, kalung, hingga tasbih gaharu.

Pohon dan Kayu Gaharu terkenal dan mahal lantaran mengandung resin dan berbau wangi. Kayu tersebut digunakan untuk produksi kecantikan hingga obat-obatan. Kayu Gaharu juga menjadi komoditi andalan ekspor Indonesia. Sayangnya, mahalnya Kayu Gaharu ini berimbas pada kelangkaan kayu.

Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda, "Golongan penghuni surga yang pertama kali masuk surga adalah berbentuk rupa bulan pada malam purnama (sampai ucapan beliau).. nyata perdupaan mereka adalah gaharu, Imam Abu Yaman berkata, maksudnya adalah kayu gaharu (HR. Imam Bukhari).

3. Batu Maqam Nabi Ibrahim

Batu yang terletak di sisi Kakbah itu dulu menjadi pijakan Nabi Ibrahim saat membangun Kakbah. Menariknya, batu tersebut layaknya sebuah katrol dan membantu pembangunan layaknya proses pembangunan seperti sekarang ini.

Ketika hendak meletakkan batu ke bangunan yang lebih tinggi, maka Nabi Ibrahim cukup berdiri di atas batu tersebut. Sehingga batu tersebut mengangkat Nabi Ibrahim ke atas. Setelah selesai, maka akan turun dengan sendirinya hingga mendekati Nabi Ismail dan mengambil batu-batuan bangunan.

Batu tersebut sampai saat ini masih tampak jelas tapak kaki dari Nabi Ibrahim. Dulu, batu tersebut memancarkan cahaya putih seperti Hajar Aswad. Karena kuasa Allah SWT, pancaran cahaya tersebut dihilangkan. Karena jika cahaya tersebut masih ada, maka akan menerangi ufuk timur dan ufuk barat.

Baca Juga : Keraton Kartasura, Istana Kerajaan Mataram Islam yang Runtuh Akibat Pemberontakan

Mengenai Hajar Aswad dan batu tersebut, Rasulullah SAW bersabda, "Rukun Hajar Aswad dan Maqam Ibrahim adalah dua batu akik yang diturunkan dari surga yang telah Allah SWT redupkan sinarnya. Kalau seandainya tidak demikian, niscaya sinarnya akan menyinari seluruh dunia dari Timur sampai ke Barat,".

4. Daun Tin

Saat Nabi Adam memakan buah khuldi, maka saat itu pula terlepas pakaian Nabi Adam, tanpa sehelai pun kain. Maka Nabi Adam mengambil dedaunan di surga untuk menutupi tubuhnya karena malu. Namun dedaunan tersebut menjauh, dan ada satu daun yang merasa iba kepada Nabi Adam, yaitu daun-daun Pohon Tin. Karena daun tin tak tahan melihat kondisi Nabi Adam saat itu.

5. Cincin Nabi Sulaiman

Wahab bin Munabih mengatakan jika cincin Nabi Sulaiman dikenal dengan nama cincin taat Nabi Sulaiman yang diciptakan Allah SWT dari cahaya yang sangat terang. Pada sisi pertama tertulis kalimat 'Tiada Tuhan selain Allah SWT, tidak ada sekutu bagi-Nya. Muhammad salah hamba dan rasul-Nya'.

Kemudian pada sisi ke dua cincin tertulis kalimat yang berarti, 'Wahai Allah SWT yang memiliki kerajaan, engkau berikan kekuasaan kepada yang engkau kehendaki dan engkau hinakan orang-orang yang engkau kehendaki'.

Kemudian pada sisi ketiga tertulis kalimat yang berarti, 'Segala sesuatu akan musnah, kecuali Allah SWT'.

Lalu pada sisi ke empat tertulis kalimat yang berarti, 'Maha Suci Engkau wahai Tuhanku, yang tidak ada sekutu bagimu'.

Cincin tersebut memiliki cahaya bersinar dan ketika dikenakan akan mengumpulkan manusia, jin, burung, binatang buas, hingga para malaikat. Nabi Sulaiman pun berdoa kepada Allah SWT agar tidak ada kerajaan yang menyamai kerajaannya.

Sebagaimana firman Allah SWT, "ia Sulaiman berkata, "Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang juapun sesudahku. Sesungguhnya, Engkaulah yang Maha Pemberi," (QS Shaad: 35).

https://youtu.be/UXKraYlNYTE

 

Topik
benda surgahajar aswadkayu gaharubatu maqam nabi ibrahimdaun tincincin nabi sulaiman

Berita Lainnya

Berita

Terbaru