Ajaib, Ini Penampakan Pohon Pisang Raksasa dan Pohon Durian, Buahnya Tumbuh di Bawah

Jan 04, 2021 11:15
Pohon pisang raksasa (Foto: YouTube angkasa biru)
Pohon pisang raksasa (Foto: YouTube angkasa biru)

MALANGTIMES - Buah pisang dan durian menjadi salah satu buah favorit bagi kita semua. Namun banyak yang belum pernah melihat pohon pisang raksasa dan pohon durian dengan buahnya tumbuh di bawah. 

Aneh tapi nyata, namun hal itu memang benar-benar terjadi di wilayah Pegunungan Arfak. Pegunungan Arfak sendiri merupakan sebuah kabupaten di Papua. Daerah yang 80 persen merupakan kawasan hutan koservasi ini memiliki cukup banyak kekayaan alam yang tak bisa ditemukan di daerah lain.  

Baca Juga : Menelisik Potret Kota Malang di Era Hindia Belanda 1920-1953

 

Salah satunya yakni tumbuhnya pohon pisang yang begitu besar atau pohon pisang raksasa. Pohon ini pertama kali ditemukan oleh warga Papua bernama Jeff Daniells pada tahun 1989. Saat pertama kali ditemukan pohon pisang ini memiliki nama ilmiah yakni "Musa ingens".  

Konon pohon pisang ini merupakan pohon pisang terbesar di Indonesia, bahkan dunia. Bahkan tingginya bisa mencapai 25 meter, diameter batang mencapai 2 meter. Sementara untuk ukuran daun mencapai 5 meter dengan lebar 1 meter. Ukuran buahnya pun juga sangat besar dari ukuran pisang pada umumnya.  

Image
Foto: YouTube angkasa biru

Sekali berbuah, bobot pisang bisa mencapai 60 kg. Dengan ukuran buah panjang 20 cm dan diameter mencapai 5 cm. Kendati demikian buah pisang tersebut ternyata bisa untuk mengobati berbagai macam penyakit. 

Sementara untuk buah durian langka yang justru tumbuh di bagian akar terjadi di Kalimantan. Durian sendiri menjadi salah satu buah asli dataran Asia Tenggara maka durian dengan mudah ditemukan di Indonesia. Kalimantan menjadi suatu daerah sebagai "surga" durian.  

Salah satunya yakni durian yang tumbuh di bagian akar sehingga disebut sebagai durian langka dan unik. Nama durian itu adalah durian kura-kura yang terkenal sebagai spesies durian di Kalimatan Barat.  

Image
Foto: YouTube angkasa biru

Dinamakan sebagai durian kura-kura, karena hewan itulah yang biasa memakan buah tersebut. Durian kura-kura ini memiliki warna daging kekuningan atau putih pucat. Meski buahnya kecil, namun daging di dalamnya tembal. Rasanya pun manis meski buah durian itu dimakan saat keadaan belum terlalu matang.

Image
Foto: YouTube angkasa biru

Di Kalimatan terdapat pula buah sungkang atau durian merah. 

Disebut durian merah karena dagingnya berwana merah. Kini durian tersebut memang sangatlah langka karena habitatnya sudah berkurang.

Video : Pohon Pisang Besar dan Pohon Durian buahnya tumbuh dibawah

Topik
pohon ajaibpohon raksasapohon pisangpohon durian langka

Berita Lainnya

Berita

Terbaru