Update situasi Kota Batu. (Foto: Pemkot Batu)
Update situasi Kota Batu. (Foto: Pemkot Batu)

MALANGTIMES - Di awal tahun 2021, Kota Batu masih bertahan pada zona oranye atau risiko sedang. Angka pasien konfirm dinyatakan positif juga tidak mengalami lonjakan yang tinggi selama dua hari terakhir ini. Hanya terdapat tambahan dua pasien positif .

Tercatat dari data Dinas Kesehatan Kota Batu, Jumat (1/1/2021) terdapat tambahan 5 pasien konfirmasi positif dan 5 pasien telah dinyatakan sembuh dari Covid-19. Sedangkan untuk hari Sabtu (2/1/2021) hanya terdapat 2 pasien konfirmasi positif dan 2 pasien telah dinyatakan sembuh dari Covid-19. 

Baca Juga : Sehari 2 Pasien Positif Covid-19 Meninggal Dunia di Kota Batu

Dengan demikian kini jumlah kumulatif mencapai 1.050 orang. Kemudian, angka kesembuhan sudah mencapai angka 932 orang. Dengan jumlah kematian pasien konfirm positif sejumlah 87 orang. 

Untuk kasus suspek terdapat 764 orang, probable ada 68 orang, diisolasi sejumlah 165 orang dan discarded ada 607 orang.

Meski demikian, di awal tahun 2021 ini Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, tetap meminta kepada masyarakat Kota Batu agar menjaga protokol kesehatan, yakni 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan) saat beraktivitas khususnya di luar rumah.

Selain itu kini menjaga protokol kesehatan adalah sebuah kewajiban. Sebab pandemi Covid-19 ini masih belum tahu kapan akan berakhir, walaupun vaksin Covid-19 sudah ada di Indonesia.

“Jika kita ingin beraktivitas tolong protokol kesehatan untuk selalu ditaati dengan baik, yaitu 3M. Itu adalah kewajiban ketika kita akan beraktivitas,” ucapnya.

Baca Juga : 20 PKL Alun-Alun Kota Batu Dinyatakan Reaktif, Diminta Isolasi 14 Hari

Meski saat ini perekonomian kembali bangkit, Dewanti meminta masyarakat tidak mengabaikan protokol kesehatan. Tentunya agar tidak muncul kluster baru.