Wow! Cegah Virus DBD, Para Peneliti Singapura Ciptakan Nyamuk Baik

Jan 02, 2021 19:12
foto ilustrasi
foto ilustrasi

MALANGTIMES - Nyamuk, pasti semua orang ingin membunuhnnya. Tapi di Singapura, mereka (peneliti) berternak nyamuk dan menyebarkannya dalam jumlah jutaan untuk terbang bebas di negaranya.

Hal ini terlihat dalam video yang dilansir dari Episode Planet Warior terkait pencegahan perkembangbiakan nyamuk demam berdarah (DBD), para peneliti di Singapura menciptakan nyamuk jenis baru yang bersifat baik. Video tersebut telah diupload di Facebook dan mendapatakan 4 ribu komentar serta dibagikan sebanyak 57 ribu kali.

Baca Juga : 10 Berita Terpopuler Sepanjang Tahun 2020, Covid-19 hingga Prostitusi

Tentunya hal ini menimbulkan pertanyaan khalayak umum. Kenapa mereka melakukan hal itu? Apa mereka gila?

Ternyata mereka tidak gila. Dalam video tersebut, kita ditunjukan perjalanan yang menarik tentang bagaimana Singapura melawan nyamuk. Bagi orang awam yang tidak tahu, nyamuk tidak hanya menyebalkan tapi juga mematikan. Banyak nyamuk betina memiliki virus demam berdarah. Dan seperti malaria, kita bisa terkena virus itu dari gigitan nyamuk dan dalam kondisi yang parah, menyebabkan kematian.

Antara 50 hingga 500 juta orang terkena virus ini setiap tahun. 10 hingga 20 ribu orang mati karena gigitan nyamuk. Jadi, jika kita ingin membasmi demam berdarah, kita harus membunuh nyamuk demam berdarah dimana-mana. Tapi mereka sulit ditemukan, jadi sulit dibunuh.

Tim Peneliti di Singapura punya ide. Cara menghentikan nyamuk berkembang biak yaitu dengan menciptakan nyamuk jenis baru yang sangat kuat hingga bisa beterbangan dan menemukan semua nyamuk jahat dan mencegah mereka berkembang biak.

Kita juga diperlihatkan ruang perawatan nyamuk dan ada ratusan bahkan jutaan nyamuk di sini menunggu untuk dibebaskan ke dunia luar. 

Nyamuk jenis baru ini tidak menggit atau menyakiti manusia. Dalam percobaannya, salah satu orang membuktikan dengan cara memasukan tangan ke dalam kotak kecil yang berisikan ratusan nyamuk baik. Terbukti bahwa tidak ada yang menggigit bahkan menyentuh tangannya sekali pun.

Sangat jenius bukan. Jadi singapra menciptakan jutaan nyamuk baik dan memasukannya ke senapan nyamuk dan melepaskanya di wilayah sekitar, atap, taman, dan di mana saja. 

Baca Juga : Cara Mencerdaskan Otak, Begini Penjelasan Alquran

Tidak hanya itu, nyamuk baik pun bisa kawin dengan nyamuk jahat agar tak bisa lagi berkembang biak. Dalam waktu singkat, semua nyamuk yang baik dan jahat akan mati dengan sendirinya tanpa memiliki anak. Karena ini cara singapura melawan virus demam berdarah. 

Terbukti kini di Singapura, jumlah nyamuk demam berdarah turun dengan signifikan. Lebih dari 90 persen dan menyelamatkan banyak warga dari ancaman virus. Metode ulung ini sangat sukses. Hingga mereka membuka pabrik nyamuk di Singapura hanya untuk melawan demam berdarah. Pabrik ini sangat canggih karena bisa menciptakan puluhan ribu nyamuk baik tiap hari.       

 

 

Topik
Virus DBDPeneliti di SingapuraDemam Berdarah

Berita Lainnya

Berita

Terbaru