10 Berita Terpopuler Sepanjang Tahun 2020, Covid-19 hingga Prostitusi

Dec 31, 2020 16:16
Berita terpopuler 2020 (Foto: HCM Technology Report)
Berita terpopuler 2020 (Foto: HCM Technology Report)

MALANGTIMES - Dalam hitungan jam saja, tahun 2020 akan segera berakhir. Tepat pukul 00.00 WIB nanti seluruh dunia akan berganti tahun 2021. Sepanjang tahun 2020, tentunya kita semua telah melalui berbagai hal suka dan duka. Terdapat pula peristiwa yang tentunya tak bisa dilupakan di tahun 2020. Termasuk kabar-kabar menarik mulai dari politik, ekonomi dan berita viral lainnya yang disajikan malangtimes.com. 

Berikut 10 berita terpopuler sepanjang tahun 2020 yang paling menyita perhatian jutaan pembaca setia MalangTIMES:

1. Sutiaji Tutup Akses Keluar Masuk Malang

Baca Juga : Ingin Dapat Voucher Gratis Hari Jadi Kabupaten Malang? Begini Caranya

 

Pemerintah Kota (Pemkot) Malang mengambil sikap dalam menangani persoalan kasus virus Corona atau Covid-19.

Selain memberlakukan kebijakan meliburkan sekolah selama 14 hari ke depan, Pemkot Malang juga akan memantau akses keluar masuk masyarakat. Baik itu dari atau yang akan menuju ke wilayah Kota Malang.

Wali Kota Malang Sutiaji menyatakan jika persoalan Covid-19 ini telah masuk tahap darurat. Karenanya, pihaknya meminta pemberlakuan penutupan akses tersebut sebagai langkah antisipasi pencegahan.

"Kita putuskan hari ini kita darurat (mengenai Covid-19). Nanti malam dan semuanya yang berkunjung ke Kota Malang kan ada banyak kegiatan, itu masih kita beri waktu. Hari ini mungkin dia sudah ada terus besok sudah datang di Malang masih ditolerir. Tapi, setelah hari ini dan besok sudah tidak boleh," ujarnya, usai Rakor bersama Kepala PD dan Forkopimda, di Balaikota Malang, Senin (16/3).

Berita selengkapnya: Darurat Corona, Sutiaji Tutup Akses Keluar Masuk Kota Malang

2. Nenek Mimpi Lidah Buaya Jadi Obat Covid-19

Seorang nenek di Blitar menyarankan kepada pemerintah untuk melakukan penelitian lidah buaya sebagai obat virus Corona (Covid-19).

Nenek bernama Sarmi mengaku mendapat petunjuk tuhan melalui mimpi. Petunjuk itu berupa lidah buaya sebagai penangkal virus Covid-19.

“Untuk menangani Covid-19 ini negara habis ratusan triliun. Sudah banyak nyawa yang melayang. Harapan saya cuma satu, tolong pemerintah meneliti dan mencoba lidah buaya ini untuk obat Covid-19, itu saja," kata Sarmi.

Berita selengkapnya: Nenek di Blitar dapat Petunjuk Lewat Mimpi, Lidah Buaya Obat Covid-19

3. Wanita Cantik Melakukan Percobaan Bunuh Diri

Seorang wanita berparas cantik yang dikabarkan nekat untuk melakukan percobaan bunuh diri, aksinya pun viral di media sosial.

Wanita berambut panjang itu melakukannya dengan cara menabrakkan diri pada mobil yang tengah melaju dan melintas di kawasan Jalan Kartini, Surabaya.

Dari informasi yang didapat, peristiwa itu terjadi saat akan menjelang berbuka puasa di depan sebuah restoran Confit yang ada di Jalan Kartini, Tegalsari, Surabaya. Hal itu bisa dipastikan dari tulisan Confit yang sempat terekam dalam video yang beredar di media sosial Facebook dan YouTube.

Namun aksi tersebut bisa dicegah oleh warga sekitar dan juga dua aparat TNI hingga ia bisa terselamatkan.

Berita selengkapnya: Viral, Wanita Cantik di Surabaya Dikabarkan Lakukan Percobaan Bunuh Diri

4. Alumni ITB Desak Din Syamsuddin Dicoret dari MWA

Sebanyak dua ribu alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) yang tergabung dalam Gerakan Anti-Radikalisme (GAR) dikabarkan meminta Din Syamsuddin dicoret dari anggota Majelis Wali Amanat ITB.

Alumni ITB sebanyak 2.065 orang telah meneken surat terbuka lintas angkatan dan jurusan pada Selasa (25/8/2020).  Surat terbuka tersebut ditujukan kepada Ketua MWA ITB yang berisi permintaan GAR mendesak agar Din Syamsuddin dicoret dari MWA ITB.  

Mereka melakukan ini karena menyayangkan tindakan DIN yang telah mendeklarasikan KAMI.  

Berita selengkapnya: 2 Ribu Alumni ITB Teken Surat Terbuka Desak Din Syamsuddin Dicoret dari MWA

5. Kondisi Rizieq Shihab

Pimpinan FPI Muhammad Rizieq Shihab kini resmi ditahan mulai hari ini Minggu (13/12/2020). Ia tiba di rumah tahanan Polda Metro Jaya pada Minggu dini hari sekitar pukul 00.23 WIB.

Tak banyak bicara, Rizieq hanya sempat berteriak takbir dan meminta doa.

Belum sehari mendekam di dalam sel, polisi pun lantas membeberkan kondisi Rizieq. Dikatakan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Yusri Yunus, Rizieq kini dalam kondisi baik. "Sampai saat ini, saudara Rizieq Shihab sudah kita lakukan penahanan di Rutan Polda Metro Jaya. Kondisinya sehat, kita masih tetap pantau," kata Yusri.

Berita selengkapnya: Belum Sehari Ditahan, Begini Kondisi Rizieq Shihab di Rutan Polda Metro Jaya

6. Jutaan Honorer Jadi PNS

Perjuangan para honorer, pekerja tidak tetap, pegawai tetap non-PNS, pegawai pemerintah non-pegawai negeri, dan tenaga kontrak, berbuah manis. 

Harapan besar menjadi pegawai negeri sipil (PNS) terbuka dengan disetujuinya materi Rancangan Undang-Undang (RUU) Revisi UU ASN oleh DPR dalam rapat paripurna.

Baca Juga : Kapolri Idham Azis Ganti Warna Seragam Satpam Mirip Polisi, Begini Penampakannya

 

Misalnya dalam Pasal 131A RUU Revisi UU ASN ayat (1) yang mengatur bahwa tenaga honorer, pegawai tidak tetap, pegawai tetap non-PNS, pegawai pemerintah non-pegawai negeri, dan tenaga kontrak yang bekerja terus menerus dan diangkat berdasarkan surat keputusan yang dikeluarkan sampai dengan 15 Januari 2014, wajib diangkat menjadi PNS secara langsung dengan memperhatikan batasan usia pensiun sebagaimana dimaksud dalam Pasal 90.

Sontak saja, RUU Revisi ASN itu disambut suka cita. Hal ini disampaikan oleh Nur Baitih, Korwil Perkumpulan Honorer K2 Indonesia (PHK2I) DKI Jakarta

"Kami sebagai honorer senang saja, artinya kalau ini disetujui bukan hanya K2 saja yang masa kerjanya sudah lama. Yang baru, minimal sudah kerja enam tahun bisa diangkat jadi PNS kalau ini disetujui," ucapnya.

Berita selengkapnya: Jutaan Honorer Diangkat Langsung Jadi PNS, BKN: Dibayar Pakai Apa?

7. Pernyataan Nadiem Makarim soal Calon Kepsek

Pernyataan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim terkait calon kepala sekolah (kepsek) membuat banyak pihak ikut menyoroti. Pasalnya, Nadiem ingin guru penggerak bisa menjadi calon kepala sekolah, pengawas, hingga mentor.  

Terkait hal Nadiem itu, pengamat dan praktisi pendidikan Indra Charismiadji ikut menyoroti. Dia mengatakan, memilih kepala sekolah dan pengawas merupakan kewenangan dari kepala daerah.  

Bahkan, Indra menyebut Nadiem melakukan gimmick terus-menerus. "Memangnya sekolah itu punya kemendikbud sampai harus menentukan jalur penentuan kepsek," ujarnya.  

Berita selengkapnya: Heboh Pernyataan Nadiem Makarim Ingin Calon Kepsek dari Guru Penggerak, Ini Kata Pengamat

8. Dampak UU Omnibus Law

Setelah Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menandatangi Omnibus Law Undang-Undang Cipta Kerja, investor asing menarik dana dari pasar IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan). Padahal sebelumnya, pemerintah Indonesia merancang undang-undang tersebut dengan tujuan untuk menarik investor asing agar lebih banyak datang ke Tanah Air.

Dilihat dari data RTI Bussiness, di bulan ini investor asing menarik dana kurang lebih 10.26 trilliun dari keseluruhan market termasuk pasar tunai dan negosiasi. 

Secara detail, Selasa (3-11-2020) investor asing menarik dana dari Telkom sebesar -196.9 miliar, Bank BNI sebesar -132.6 miliar, Bank BRI sebesar -85.5 miliar dan Semen Gresik sebesar -72.2 miliar. Sementara itu dalam hitungan bulan, investor asing menarik dana dari Telkom sebesar -2.0 triliun, Bank BNI sebesar -543.8 miliar, dan Semen Gresik sebesar -220.2 miliar.

Berita selengkapnya: UU Omnibus Law Mulai Berdampak, Investor Asing Tarik Dana Besar-besaran

9. Kasus Utang dan Pencekalan Bambang Trihatmodjo

Penyanyi Mayangsari akhirnya angkat bicara soal utang dan pencekalan sang suami, Bambang Trihatmodjo. Mayangsari menilai jika masalah tersebut bukanlah kesalahan.  

Tanggapan itu ia sampaikan saat menjadi bintang tamu acara Okay Bos, Trans7 Rabu (28/10/2020). Dalam kesempatan itu, Mayangsari pun menjelaskan duduk perkara dari sudut pandangnya.

Namun, Mayang tidak mau membeberkan secara mendalam soal kasus tersebut.

"Iya kalau masalah itu terus terang aja saya nggak mau terlalu menjawab karena itu bukan koridor saya untuk menjawab. Yang saya tahu suami saya orang baik, dia orang yang sangat-sangat bertanggung jawab dan dia tidak pernah meninggalkan PR-nya. Dan yang saya tangkap pun juga ceritanya itu, kita sangat-sangat terbuka sih. Begitu," kata Mayangsari.

Berita selengkapnya: Bambang Trihatmodjo Terjerat Utang dan Dicekal, Mayangsari: Saya Hanya Mendoakan

10. Tukul Arwana Ikut Terseret Kasus Prostitusi

Nama komedian Tukul Arwana mendadak menjadi sorotan Jumat (18/12/2020) pagi. Bahkan tagar #TukulArwana menjadi trending topic nomor satu di Twitter.

Nama Tukul turut terseret peristiwa penangkapan artis berinisial TA yang diduga terlibat kasus prostitusi.

Hal ini lantaran inisial TA sama dengan Tukul Arwana. Warganet pun lantas menduga dan menuliskan komentar kocak dengan menghubungkan TA adalah Tukul Arwana.  

@yenzzz_U: "Artis TA = Tukul Arwana ?!"

@nintensei: "TA aku kira Tukul Arwana ternyata bukan"

@dwioktariyadi: "Apa iya Tukul Arwana nyambi gigolo wkwkwk"

Berita selengkapnya: Kocak! Artis TA Ditangkap Kasus Prostitusi, Tukul Arwana Ikut Dibahas

Topik
Berita Malangmalang timesmalangtimesberita malangtimes

Berita Lainnya

Berita

Terbaru