Influencer Berprestasi dari UIN Malang Harumkan Nama Provinsi Jawa Timur

Dec 31, 2020 14:02
Amilia Dwi Yanti (paling kanan) mahasiswi Fakultas Psikologi UIN Malang bersama dua panelis dari Gresik dan Jombang berhasil membawa Jawa Timur menjadi juara pertama tervaforit. (Foto: istimewa)
Amilia Dwi Yanti (paling kanan) mahasiswi Fakultas Psikologi UIN Malang bersama dua panelis dari Gresik dan Jombang berhasil membawa Jawa Timur menjadi juara pertama tervaforit. (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) kerap melahirkan mahasiswa yang berprestasi. Terbaru, lahir influencer berprestasi dari Fakultas Psikologi. Dia adalah Amilia Dwi Yanti.

Perempuan yang kerap disapa Amel ini dinobatkan sebagai Duta Pemuda Indonesia Provinsi Jawa Timur 2020. Ia bersama dengan partnernya Wecya Sugevin dari Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang (UM) mewakili kabupaten Malang ke tingkat provinsi. Ia dan Gevin kemudian melakukan serangkaian kegiatan di Jambore Pemuda Indonesia (JPI) Virtual 2020 Blitar, yakni membuat film dan menari.

Influencer-Berprestasi-dari-UIN-Malang-Harumkan-Nama-Provinsi-Jawa-Timur-2cfbecbfe991bb0aa.jpg

Setelah itu, Amel dan dua panelis lain dari Gresik dan Jombang presentasi ke tingkat nasional. Dari presentasi itulah mereka membawa Jawa Timur menjadi Juara Pertama Terfavorit dari 34 provinsi yang ada di Indonesia.

Baca Juga : Kemenag Beri Penghargaan UIN Malang sebagai PTKI dengan Mahasiswa Asing Terbanyak

Untuk diketahui, Pemilihan Duta Pemuda merupakan ajang bergengsi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga RI. Dengan segudang prestasi dan dinobatkannya Amel sebagai Duta Pemuda Indonesia Indonesia ini, ia akan melakukan banyak hal yang bermanfaat untuk masyarakat. Pertama, ia melanjutkan campaign tentang pembentukan karakter anak/remaja melalui budaya.

"Saya melakukan aksi campaign melalui media sosial (karena masih musim pandemi) sebagai langkah saya dalam membentuk karakter melalui budaya sekaligus melestarikan budaya," ucapnya.

Ia menjelaskan, pemuda sebagai agent of change harus melakukan perubahan dalam lingkungan masyarakat.

Influencer-Berprestasi-dari-UIN-Malang-Harumkan-Nama-Provinsi-Jawa-Timur-122b1c18bc37ee655.jpg

"Meskipun terkadang juga tidak selalu diperhatikan tapi dengan adanya title duta ini bisa menjadi platform yang baik dalam menyampaikan pesan ke masyarakat," timpalnya.

Selain itu, ia juga bertekad menjadi influencer yang baik. "Karena sebagai duta kan menjadi representasi dari pemuda, jadi harus memberikan contoh yang baik dalam bermasyarakat," sambungnya.

Dalam menjalani proses ini, tak jarang amel mengalami berbagai rintangan dan hambatan. Tetapi berkat dukungan dari orang tua, Fakultas Psikologi UIN Malang, Jajaran Dinas Kepemudaan Dan Olahraga Provinsi Jawa Timur, Jajaran Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Malang, DPD PPMI Jawa Timur, DPD PPMI Kabupaten Malang, dan Indra Gunawan SSos selaku Camat Kecamatan Karangploso, serta teman-teman yang selalu memberikan doa dan dukungan  sehingga dapat meraih prestasi membanggakan. Tak dapat ditampik pula adalah usahanya yang dibarengi dengan doa.

Baca Juga : Kegabutan Mahasiswa UIN Malang, Lahirkan Aplikasi Keren

"Dari dulu memang bermimpi bisa jadi duta agar bisa merepresentasikan diri dengan baik. Usaha terus meskipun pernah gagal tapi dari kegagalan itu akan membentuk suatu pengetahuan dan karakter baru, serta doa yang tidak pernah putus. Kenapa tidak pernah putus? Karena kita tidak tau kapan doa kita akan terkabul. Saya percaya doa akan selalu dikabulkan dalam bentuk 3 hal, hari itu juga, di hari kemudian dan diganti dengan hal yang lebih baik," bebernya.

Amel berpesan kepada seluruh pemuda bahwa tidak ada kata tidak mungkin, jika terus berusaha maka Insya Allah akan mendapatkan apa yang diinginkan.

"Pemuda adalah aset terbesar bangsa, berikan segala yang terbaik untuk bangsa kita. Jika bukan kita maka siapa lagi, dan jika  bukan sekarang maka kapan lagi," pungkas Amel.

 

Topik
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim MalangUIN Maliki Malanginfluencer berprestasiAmilia Dwi YantiDuta Pemuda Indonesia Provinsi Jawa Timur 2020Kabupaten Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru