Kluster Perkantoran Terus Menyeruak, 22 Pegawai Dishub Kota Malang Terpapar Covid-19

Dec 29, 2020 19:45
Ilustrasi. (Foto: Istimewa).
Ilustrasi. (Foto: Istimewa).

MALANGTIMES - Kluster perkantoran hingga kini masih menjadi penyumbang penambahan angka kasus Covid-19 yang cukup tinggi. Terbaru, puluhan pegawai Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang dikabarkan terpapar Covid-19.

Kabag Humas Pemkot Malang, Nur Widianto menyatakan puluhan pegawai Dishub yang terpapar Covid-19 tersebut diketahui setelah dilakukan Swab Test secara periodik di seluruh instansi Pemerintah Kota (Pemkot) Malang.

Baca Juga : Sehari 2 Pasien Positif Covid-19 Meninggal Dunia di Kota Batu

"Dari hasil Swab itu memang ada sekian puluh anggota Dishub yang di-Swab, dan sekitar 22 orang terkonfirmasi positif," ungkapnya, Selasa (29/12/2020).

Pria yang akrab disapa Wiwid ini menjelaskan, Swab Test tersebut dilakukan menyusul adanya penyebaran Covid-19 yang dialami oleh sejumlah ASN (Aparatur Sipil Negara) di lingkup Pemkot Malang.  

"Setelah dari Balai Kota kami bergerak ke Blok Office. Kemudian bergerak juga ke Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP). Lalu Kami menyasar juga di kantor Dishub," imbuhnya.

Berdasarkan hal tersebut, lanjut Wiwid, Pemkot Malang memberlakukan kebijakan Work From Home (WFH) bagi seluruh instansi sampai dengan batas waktu yang belum ditentukan. Namun, ia memastikan sejumlah pelayanan tetap dijalankan mengingat di akhir tahun banyak pekerjaan yang harus diselesaikan oleh masing-masing instansi.

"Observasi kesehatan yang kami lakukan di lingkungan perkantoran Malang Kota maka tentu harus dilakukan penataan terkait dengan pelaksanaan kerja terutamanya adalah mengefektifkan pelaksanaan WFH. Tapi, pelayanan tetap dijalankan mengingat menjelang penghujung tahun banyak administrasi yang harus dituntaskan dengan tetap mencermati mobilitas aktivitas di perkantoran," tandasnya.

Sementara itu, Wali Kota Malang Sutiaji menambahkan adanya puluhan pegawai Dishub Kota Malang yang terpapar Covid-19  tersebut dipastikan tidak akan mengganggu jalannya pengamanan di malam tahun baru ini. Sebab, pegawai  merupakan yang bertugas di area perkantoran atau dikatakan bukan petugas lapangan.

Baca Juga : Kota Malang Siapkan Rapid Test Antibodi Unlimited

"Sehingga pengamanan terkait tahun baru nanti, dari Dishub tidak ada masalah. Yang bertugas di lapangan semuanya Clear (negatif Covid-19)," katanya.

Saat ini, dikatakan Sutiaji pegawai Dishub Kota Malang yang terkonfirmasi positif Covid-19 melakukan isolasi di Rumah Sakit (RS) Lapangan Idjen Boulevard. Hal ini dianjurkan guna meminimalisir penyebaran kasus atau munculnya kluster baru seperti kluster keluarga.

"Saya meminimalisir isolasi mandiri, alhamdulillah di RS Lapangan kami terapkan dengan Forkopimda. Jangan sampai ada yang isolasi mandiri, karena jika tidak mengerti nanti bisa menjadi kluster keluarga," pungkasnya.

Topik
Berita MalangCovid 19Wali Kota Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru