Akhir Tahun 2020, Kasus Curanmor Justru Melonjak

Dec 29, 2020 16:07
Kapolresta Malang Kota, Kombespol Leonardus Simarmata, saat menunjukan sarana untuk pencurian kendaraan bermotor (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Kapolresta Malang Kota, Kombespol Leonardus Simarmata, saat menunjukan sarana untuk pencurian kendaraan bermotor (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Kurun waktu 2020, kejahatan pencurian kendaraan bermotor (curanmor) mendominasi dibandingkan kejahatan lainnya. Jumlah kejahatan curanmor kurun waktu 2020 sebanyak 370 kasus dan terselesaikan 48 kasus.

Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, jumlah kasus curanmor saat ini mengalami kenaikan cukup signifikan, yakni 149 kasus. Tahun 2019 terdata sebanyak 221 kasus dengan penyelesaian 76 kasus.

Baca Juga : Bikin Ngakak, Dua Pencuri Pipa Besi Tersungkur Lantaran Keberatan Beban, Aksinya Terekam CCTV

Hal tersebut dibenarkan Kapolresta Malang Kota Kombespol Leonardus Simarmata, dalam rilis akhir tahun 2020 di halaman Mapolresta Malang Kota, Selasa (29/12/2020).

Dijelaskannya lebih lanjut, jika pada semester tengah, mulai dari bulan tiga sampai bulan delapan sempat terjadi penurunan, utamanya curanmor. Namun mulai bulan November dan Desember terjadi lonjakan yang begitu tinggi terkait curanmor yang terjadi di beberapa wilayah Kota Malang.

"Karena itu, kasusnya menjadi satu prioritas kami. Kami sudah analisa dan evaluasi (Anev)," ungkapnya.

Untuk itu, tahun mendatang, pihaknya sudah berkomitmen dengan seluruh jajaran untuk melakukan tindakan tegas terhadap para pelaku kejahatan, khususnya curanmor yang dari hasil anev mengalami lonjakan pada semester akhir.

"Kami akan melakukan tindakan tegas dan terukur bagi para pelaku curanmor yang masih kami temukan di 2021. Kami juga mengimbau agar masyarakat lebih berhati-hati lagi, tidak sembarangan dalam parkir, selalu pasang kunci ganda maupun parkir pada lokasi yang terpantau," terangnya.

Selain kasus curanmor, kasus lain yang menonjol adalah kasus narkoba. Kasus narkoba pada 2020 sebanyak 211 kasus danterselesaikan semuanya. Jika dibandingkan kasus 2019, kasus narkoba saat ini mengalami penurunan 10 kasus.

Baca Juga : Perkembangan Kasus Rizieq Shihab, Ada Jerat Baru dari Bareskrim Polri!

Kemudian disusul kasus penipuan sebanyak 96 kasus dan terselesaikan 15 kasus, pencurian biasa 59 kasus terselesaikan 33 kasus, penggelapan 58 kasus terselesaikan 23 kasus, curat 53 kasus terselesaikan 22 kasus, fidusia 45 kasus terselesaikan 35 kasus.

Selanjutnya, penemuan mayat 43 kasus, pengeroyokan 29 kasus terselesaikan 14 kasus, kebakaran 27 kasus, KDRT 20 kasus terselesaikan 10 kasus. Pengrusakan 9 kasus, perjudian 8 kasus, curas 8 kasus, pemalsuan 6 kasus, pembunuhan 2 kasus dan kasus lain-lain.

 

Topik
kasus curanmor malangcuranmor meningkatPencurian MotorBerita Kriminal Kota Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru