Akun Mobile Legends Diretas, Ibu-ibu di Kota Malang Alami Kerugian karena ATM Dibobol

Dec 22, 2020 11:44
Ahyani Musaidah, korban tabungan dibobol yang lapor ke Mapolresta Malang Kota (Hendra Saputra)
Ahyani Musaidah, korban tabungan dibobol yang lapor ke Mapolresta Malang Kota (Hendra Saputra)

MALANGTIMES - Hati-hati bila kerap melakukan transaksi melalui mobile banking (m-banking), karena banyak sekali kejadian peretasan yang menimbulkan kerugian materi.

Di Kota Malang sendiri, baru-baru ini telah terjadi seorang ibu-ibu bernama Ahyani Musaidah yang beralamatkan di Perumahan Pondok BIimbing Indah, Kecamatan Blimbing, melapor ke Malpolresta Malang Kota karena uang tabungannya dibobol.

Baca Juga : Ibarat Kunci Rumah, Polisi: Rahasiakan Benar-Benar Kode OTP

 

Dari pengakuan Ahyani Musaidah rekeningnya terbobol sudah sampai 26 kali. Hal itu dikatakan sesuai yang tertera di rekening m-banking BCA miliknya, dan pembobolan itu terjadi dari rentang waktu sejak tanggal 4 sampai 18 Desember 2020.

“Pas saya ke ATM BCA, tampak saldo berkurang banyak. Kemudian saya cek riwayat m-banking. Ternyata ada transaksi yang tidak saya lakukan ke Item.com. Toko online berbasis game online Mobile Legend,” tutur Ahyani saat ditemui awak media di Polresta Malang Kota.

Dari situ Ahyani merasa penasaran, bahkan dirinya menanyakan ke salah satu gerai Bank BCA, karena telah terjadi 26 kali transaksi itu. Jika dijumlahkan, Ahyani mengaku sudah sampai sekitar Rp 10 jutaan. Namun, menurutnya, pihak bank justru tidak memberikan jawaban yang memuaskan.

Untuk itu pihaknya mengadu ke polisi dengan harapan pelakunya bisa ditangkap dan tidak terjadi lagi kasus yang sama di kemudian hari.

“Kalau lihat di transaksinya, nilainya bervariasi. Mulai Rp 104 ribu hingga Rp 1, 3 juta. Untuk arah transaksi ke toko online di kawasan Pal Merah – Jakarta melalui itemku.com. Untuk pembelanjaan game online, Mobile Legend,” lanjutnya.

Meski demikian, ia tidak menampik jika anaknya pernah melakukan transaksi pembelian voucher untuk game online Mobile Legend melalui m-banking. Namun, transaksi itu hanya dilakukan sekali saja dan sepengetahuan dia dengan nominal Rp 300 ribu.

Baca Juga : Pria Ini Apes, Jadi Korban Penipuan Malah Dianggap Penipu

 

“Setelah itu akun game anak saya ini dihack, jadi hilang. Terus dia bikin akun lagi sampai sekarang. Nah, ternyata sekarang ada tarikan di aplikasi itemku.com tapi anak saya tidak pernah transaksi,” keluhnya.

Ahyani pun membawa bukti tangkapan layar saldo mutasi rekening dan akun game yang digunakan anaknya untuk dijadikan barang bukti.

Saat ini, pengaduan tersebut sudah masuk ke Mapolresta Malang Kota dan Ahyani akan terus menunggu perkembangan kasus yang membuat ia merugi secara materi itu.

"Sudah saya laporkan ke kepolisian, data sudah masuk semua. Tinggal menunggu tindak lanjut dari Polresta Malang Kota," jelasnya. 
 

Topik
Mobile Legendsperetasan akunpembobolan m banking

Berita Lainnya

Berita

Terbaru