Pura-Pura Salat, Pria Berkulit Gelap Bobol Kotak Amal

Dec 18, 2020 16:31
Pelaku yang keluar masjid usai beraksi membobol Kotak Amal (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Pelaku yang keluar masjid usai beraksi membobol Kotak Amal (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Maling kotak amal lagi-lagi meresahkan jemaah dan pengurus masjid. Kali ini, Masjid Roudhotus Solihin yang ada di Jalan Jombang Gang 1, Kecamatan Klojen, Kota Malang, disasar maling berkulit gelap.

Kejadian tersebut terjadi pada Rabu (16/12/2020), sekitar pukul 15.40 WIB. Pelaku membobol satu dari dua kotak amal. Aksi tersebut diketahui setelah Takmir masjid melihat posisi kotak yang telah berubah dan dalam keadaan rusak.

Baca Juga : Operator Warnet Tertidur, Customer Terciduk CCTV Gasak Hp Operator

Iput Pujiono (50) Takmir Masjid bagian pembangunan menjelaskan, jika pelaku sebelumnya memang sempat salat bersama dengan jemaah lain. Namun saat itu jemaah lainnya tak curiga dan mengira jika pelaku sewajarnya jemaah lain yang beribadah. "Pelaku ini masuk ke masjid mulai pukul 15.30 WIB, kalau keluarnya sekitar pukul 16.20 WIB," jelasnya saat ditemui (18/12/2020).

Kurang lebih selama satu jam, pelaku beraksi dengan tenang memanfaatkan situasi masjid dan di sekitarnya yang sepi. Saat beraksi, pelaku nampaknya telah mengerti situasi dalam masjid yang telah terpasang CCTV. "Saat mencongkel kotak pertama, pelaku ini pakai sarung yang dittutupkan ke badannya, sehingga, saat mencongkel wajahnya tidak terlihat," ungkapnya.

Setelah pelaku berhasil mencongkel kotak pertama, pelaku kemudian keluar masjid untuk memantau situasi. Lantaran di depan masjid ramai karena terdapat penjual bakso dan juga masyarakat yang membeli, pelaku kemudian berpura-pura membeli bakso. "Ya pura-pura beli bakso sambil lihat situasi. Mungkin belinya juga pakai uang yang dicuri dari kotak amal," terangnya.

Setelah itu, pelaku kembali ke dalam masjid dan membobol kotak amal yang lain. Karena posisi kotak tepat tersorot CCTV, pelaku kemudian menggeser posisi kotak amal sehingga tak terpantau pada kamera CCTV.

"Tapi satu kotak ini gagal, karena pelaku tidak bisa membuka gembok satu dari dua gembok. Satu gembok berhasil dibuka, tapi satunya lagi nggak bisa," bebernya.

Baca Juga : Polres Malang Upayakan Tangkap Tangan Pelaku Praktik Money Politic

Sementara itu, pasca kejadian tersebut, pihak mengurus masjid tidak melaporkan kejadian tersebut ke pihak berwajib. Untuk uang yang diambil pelaku, pihak pengurus masjid tidak mengetahui pasti berapa jumlahnya. "Ya ratusan ribuan jumlahnya, nggak sampai jutaan," katanya.

Anto (40) Wakil sekretaris masjid menambahkan, jika setelah pelaku keluar dari masjid sekitar pukul 16.20 WIB, pelaku tak sadar jika di depan masjid tersebut juga terdapat kamera pengawas yang mengarah ke jalan. "Sempat terlihat, pelaku kulitnya hitam, tadi masuk dari arah timur, setelah keluar pelaku sempat jalan ke arah barat, namun kembali ke timur," jelasnya.

Setelah kejadian, pihak pengurus masjid akan lebih memperketat keamanan. Selain itu pihak masjid juga berencana untuk adanya brankas, mengantisipasi kejadian tersebut kembali terulang.

Topik
Berita Malangkotak amal

Berita Lainnya

Berita

Terbaru