4 Hari 154 Pasien Konfirm Covid-19, Ini Langkah yang Akan Dilakukan Pemkot Batu

Dec 06, 2020 19:47
Petugas saat melakukan pemulasaraan beberapa saat lalu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Petugas saat melakukan pemulasaraan beberapa saat lalu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Lonjakan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Batu dalam 4 hari terakhir mencapai 154 orang. Dengan tingginya lonjakan tersebut, Pemkot Batu harus bekerja keras untuk menurunkan angka tersebut. 

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu M. Chori menjelaskan, ada enam langkah yang harus dilakukan untuk menekan angka tersebut. “Yang pertama agar lebih mengaktifkan peran Satgas Covid-19. Mulai dari tingkat kota, kecamatan dan desa/kelurahan,” ucapnya, Minggu (6/11/2020).

Baca Juga : Naik Drastis, Tiga Hari Tambahan Kasus Positif Covid-19 Capai 136 Pasien

Kemudian, langkah kedua agar lebih memasifkan kembali sosialisasi dan gerakan 4 M (memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan menjaga imun). Mengingat saat ini gerakan 4M atau 3M mulai tidak diperhatikan oleh sebagian masyarakat

Langkah ketiga dengan mengoptimalkan kembali operasi yustisi gabungan bagi warga yang tidak mematuhi protokol kesehatan. 

“Yang keempat, setiap desa/kelurahan agar menyiapkan shelter. Lalu langkah kelima dari aspek kesehatan mengintensifkan gerakan 3 T (tracing, testing dan treatment),” tambah manta Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Batu.

Terakhir, langkah keenam agar lebih selektif dalam memberikan rekomendasi kegiatan yang menghadirkan orang banyak. Juga pemberian rekomendasi agar lebih melibatkan pihak terkait dan terdekat mulai tingkat desa/kelurahan, kecamatan dan kota.

Mengingat saat ini sudah mulai banyak kegiatan mulai dilakukan oleh warga Kota Batu, seperti hajatan pernikahan, khitan, dan kegiatan sebagainya. Karena itu masyarakat diimbau untuk tetap menerapkan protokol kesehatan saat keluar rumah.

Baca Juga : Rekor Sepanjang Pandemi Covid-19 di Kota Batu, Tambahan 63 Pasien Dalam Sehari

Sedang saat ini pasien aktif atau terkonfirmasi positif Covid-19 menjalani perawatan di dua tempat. Yakni di rumah sakit rujukan dan shelter Hotel Mutiara Baru. 

 

Topik
covid 19 kota batuupdate Covid 19 batuSatgas Covid 19 Kota Batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru