Data sebaran covid-19 Kota Batu.
Data sebaran covid-19 Kota Batu.

MALANGTIMES - Jumlah pasien terkonfimasi positif di Kota Batu selama tiga hari terakhir naik cukup signifikan. Tercatat dari Dinas Kesehatan Kota Batu selama tiga hari, jumlahnya mencapai 136 pasien terkonfimasi positif.

Dari 136 pasien itu rinciannya, pada Sabtu ada tambahan 40 pasien. Kemudian Jumat (4/12/2020) bertambah 63 pasien. Dan Kamis (3/12/2020) ada tambahan 33 pasien.

Baca Juga : Rekor Sepanjang Pandemi Covid-19 di Kota Batu, Tambahan 63 Pasien Dalam Sehari

Jumlah tersebut memang tidak biasanya terjadi di Kota Batu sebelumnya pada saat masih berada di zona oranye atau resiko sedang. Pada saat masuk dalam resiko sedang jumlah tambahan pasien positif terpantau masih 4-7 pasien per harinya.

Namun sejak masuk pada zona merah sejak 3 hari lalu, angka pasien terkonfirmasi positif langsung merangkak sangat signifikan. Hanya saja, dengan bertambahnya angka pasien terkonfirmasi positif itu tidak dibarengi dengan keterbukaan juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu.

Ya hingga saat ini Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu belum memberikan keterangan terkait kenaikan jumlah tersebut. Dengan bertambahnya angka pasien positif, kini jumlah akumulatif sudah di angka 902 orang.

Dengan pasien aktif 135 orang. Namun juga dibarengi dengan angka kesembuhan pada Sabtu ada tambahan 28 orang, sehingga totalnya 691 orang. Meski demikian juga terdapat pasien konfirm yang meninggal dunia satu orang menjadi 76 orang. 

Lalu jumlah kasus suspek mencapai 690 orang, dengan kasus probable ada 66 orang. Yang diisolasi sejumlah 141 orang, dan discarded seluruhnya mencapai 557 orang. 

Baca Juga : Jumlah Pasien Covid Meningkat, Kunjungan Wisatawan ke Kota Batu Menurun 5 Persen

Dengan jumlah pasien dirawat tertinggi ada di Desa Tlekung Kecamatan Junrejo sejumlah 18 orang. Selanjutnya ada 16 orang di Desa Bumiaji Kecamatan Bumiaji dan Desa Junrejo Kecamatan Junrejo. 

Sementara itu Kota Batu masuk zona merah dengan skor saat ini 1,8. Dengan persentase recovery rate 76,61 persen dan fatality rate 8,43 persen.