Gunung Mananggel (Foto: Twitter)
Gunung Mananggel (Foto: Twitter)

MALANGTIMES - Dunia maya kembali digegerkan dengan video seorang pendaki gunung yang cukup ganjil. Dalam video yang beredar melalui aplikasi TikTok terdengar bunyi gamelan di Gunung Mananggel, Cianjur, Jawa Barat.  

Kisah mistis ini dialami oleh seorang pendaki gunung bernama Raka. Ia membagikan peristiwa itu melalui akun TikToknya bernama @thx.rk pada Rabu (2/2/2020).  

Baca Juga : Demi Ikutan Giveaway "Tsunami 1.260" Kabupaten Malang, Peserta Ini sampai Kirim 6 Foto

 

Suara gamelan itu terdengar kala Raka berada di puncak Gunung Mananggel.

"Ada yang tau suara apa? Sumpah ini seram banget. Ini gua lagi di puncak Gunung Mananggel dan ini masuk maghrib. Gedein aja volumenya biar kedengaran, nggak ada jump scare-nya kok," keterangan di video tersebut.

Mendengar suara itu memang membuat bulu kuduk merinding. Herannya, suara gamelan itu hanya muncul saat magrib tiba.  

Suara itu semakin terdengar jelas jika volume suara dibesarkan. Raka lantas menjelaskan jika suara gamelan itu ia rekam saat ia ada di puncak gunung.  

 

@thx.rk

Ada yang tau suara apa?

Oh No - Kreepa

 

Ia mengatakan jika suara gamelan itu sempat membuat dirinya dan teman-temannya takut. Tak heran warganet pun ikut ketakutan saat mendengar suara gamelan itu.  

@Bukan siapa-siapa : "gamelan ya? klo ditempatku dengar suara gamelan artinya orang itu diterima disitu sih sama makhluk2nya.

Baca Juga : Erupsi Gunung Semeru Menurun, Bupati Lumajang Minta Warga Waspada

@PutriAyu: "ini alasan knp aku ndak mau naik gunung atau kemping takut...."

@Tia Dwi Pasa: "Knp pas dengerin deketin kuping malah merinding woyy".

@lahhh: "iya klo digunung managgel klo mau magrib suka ada suara gamelan, apalagi kl udh malem serem dah".

Gunung Managgel sendiri sangat erat kaitannya dengan kisah Prabu Sanghyang Tapak. Konon, kisah ini diperkuat akan keberadaan batu yang memiliki tapak kaki layaknya situs sejarah. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 836 mdpl.