Demam adalah Embusan Api Neraka Jahanam, Begini Anjuran Pengobatan Ala Rasulullah SAW

Dec 01, 2020 07:52
Ilustrasi (Istimewa).
Ilustrasi (Istimewa).

MALANGTIMES - Hampir semua muslim tentu pernah mengalami sakit demam. Penyakit demam akan membuat seseorang mengalami kenaikan suhu tubuh yang lebih tinggi dari suhu normal. Bahkan, Rasulullah SAW pernah merasakan demam yang sangat luar biasa, dan membuat beliau wafat.

Meski begitu, berbagai sabda Rasulullah SAW telah menjelaskan mengenai penyakit demam tersebut. Bahkan Rasulullah SAW juga mengajarkan mengenai tata cara pengobatan saat diserang penyakit demam tersebut.

Baca Juga : Janji Rasulullah SAW, Jaminan Surga Bagi yang Mampu Lakukan Enam Hal Ini

Dilansir dari channel YouTube Islam Populer, disebutkan jika tindakan pertama yang dilakukan Rasulullah SAW saat terserang demam adalah dengan mengompres air dingin pada kepala. Dalam sabdanya, Rasulullah mengatakan jika suhu panas orang demam merupakan hembusan api jahanam.

Hal itu mampu membuat kondisi tubuh lemah, koma, bahkan kematian. Maka Rasulullah SAW menganjurkan umat muslim untuk mengompres dengan air dingin.

Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya penyakit demam (panas) adalah berasal dari panas neraka jahanam. Karena itu, dinginkanlah (kompres) dengan air," HR Iman al-Bukhari.

Tips pengobatan ala Rasulullah SAW itu menjadi kewajiban untuk menurunkan panas. Ketika Rasulullah SAW merasa demam, beliau meminta diambilkan bejana air dingin dan mandi dengannya, lalu menyiramkannya pada kepala.

Selain air dingin, Rasulullah SAW juga menganjurkan untuk menjaga diri dengan tidak mengkonsumsi hal yang buruk. Karena itu akan membantu mengurangi unsur kurang baik dalam tubuh.

Dari Aisyah ra, Rasulullah SAW bersabda, "Demam adalah bagian dadi keluasan jahanam. Karena itu dinginkan dengan air. Saat Nabi Muhammad SAW mengalami demam yang mengakibatkan ia wafat, ia meminta agar tubuhnya disiram dengan air sebanyak tujuh kantong kulit," HR Bukhari dan Muslim.

Metode yang dianjurkan Rasulullah SAW masih sangat relevan dilakukan hingga sekarang. Dokter pun menyarankan untuk mengompres. Selain itu, secara ilmiah terbukti jika seseorang yang mengalami demam, endorfin dalam tubuh seseorang akan meningkat.

Baca Juga : Baca Surat Panjang Saat Salat, Rasulullah SAW Pernah Tegur Seorang Sahabat

Kemudian bisa melindungi antibodi dan membunuh virus. Lalu bisa membantu menghilangkan sel kanker dan virus jahat. Demam dapat menghindarkan seseorang dari penyakit kanker.

Hal itu sebagaimana anjuran Rasulullah SAW untuk tidak mencela sakit demam.

Rasulullah SAW bersabda, "Jangan kau mengumpatnya. Karena ia dapat menghilangkan dosa, sebagaimana api dapat melunakkan kekerasan besi," HR Ahmad.

Rasulullah SAW juga bersabda, "Janganlah engkau mencelanya (demam). Karena sesungguhnya ia membersihkan dosa sebagaimana api membersihkan kotoran dari besi," HR Muslim.

Perihal demam, Abu Hurairah berkata, “Tidak ada satu penyakit pun yang menimpaku, yang lebih aku sukai selain demam. Karena ia masuk ke dalam setiap anggota badanku. Dan Allah SWT memberikan setiap anggota bagian pahalanya.”

Topik
Kisah Rasulullah SAW

Berita Lainnya

Berita

Terbaru