Ilustrasi (Istimewa).
Ilustrasi (Istimewa).

MALANGTIMES - Bertetangga dengan Rasulullah SAW saat berada di surga tentu menjadi impian semua umat muslim. Namun untuk bisa mencapai surga itu tentu muslim harus menjalankan setiap ajaran yang diberikan Allah SWT.

Amalan-amalan baik itupun diyakini akan membawa muslim dalam kebaikan, dan dijanjikan surga oleh Allah SWT dan Rasulullah SAW. Tentunya ada banyak amalan yang bisa dilakukan untuk meraih surga tersebut. Diantaranya adalah enam amalan yang diwasiatkan oleh Rasulullah SAW.

Baca Juga : Baca Surat Panjang Saat Salat, Rasulullah SAW Pernah Tegur Seorang Sahabat

Ustadz Khalid Basalamah dalam sebuah kajian yang diunggah channel YouTube Khalid Basalamah menyampaikan, Rasulullah SAW memberikan jaminan surga untuk muslim yang bisa menjaga enam hal. Keenam hal tersebut adalah, pertama jujur dalam berkata.

Rasulullah SAW selalu mengajarkan umatnya untuk berperilaku jujur dalam hal apapun. Karena kejujuran meskipun itu pahit akan membawa pada kedamaian dan ketenangan. Sehingga, dalam kondisi apapun, seorang muslim senantiasa harus jujur.

Namun jujur memang bukan hal yang mudah, dan hanya mengiringi mereka yang beriman. Muslim yang mampu menjaga kejujurannya pun dijanjikan untuk masuk surga paling tinggi bersama para Nabi dan utusan Allah SWT.

Ke dua adalah memenuhi janji. Dalam Islam diajarkan agar setiap muslim memenuhi janji-janjinya. Jika memang tidak bisa memenuhi janjinya, maka seorang muslim tidak diperkenankan untuk sesumbar janji. Karena orang yang ingkar janji akan mendapatkan balasan dari Allah SWT.

Wasiat ke tiga adalah menjalankan amanah saat dipercaya diberikan amanah. Rasulullah SAW senantiasa mencontohkan kepada umatnya untuk menjalankan amanah dengan baik hingga tuntas.

Baca Juga : Sosok Perempuan Ini Membuat Malaikat Maut Menangis Terisak Saat Mencabut Nyawa

Kemudian ke empat adalah menjaga kemaluan. Muslim senantiasa diajarkan untuk menjaga kemaluannya dan tidak melakukan perbuatan zina. Karena perbuatan zina adalah dosa besar dan neraka adalah balasannya. Islam mengajak pada kebaikan dan melakukan pernikahan sesuai kaidah. Maka surga adalah balasannya.

Ke lima adalah turunkan pandangan dari yang haram. Maksudnya adalah tidak melakukan hal-hal yang haram dalam ajaran Islam. Kemudian ke enam adalah, menjaga tangan dan jangan sampai menyakiti orang lain. Rasulullah SAW selalu berpesan untuk saling menyayangi dan menghargai sesama. Sehingga tidak sampai menyakiti orang lain.

Mengenai wasiat itu, Rasulullah SAW pun bersabda, “Jaminlah untukku enam hal dari diri kalian, aku akan jamin bagi kalian surga. Pertama adalah jujur dalam berkata. Ke dua adalah memenuhi janjinya. Ke tiga adalah jalankan amanah saat diberikan amanah. Ke empat jagalah kemaluan kalian. Ke lima adalah turunkan pandangan kalian dari yang haram. Dan ke enam, jagalah tangan kalian dan jangan sampai menyakiti orang lain.”