Desaku Menanti di Kota Malang (istimewa)
Desaku Menanti di Kota Malang (istimewa)

MALANGTIMES - Dinas Sosial dan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos-P3AP2KB) Kota Malang memberi peringatan tegas kepada penghuni Desaku Menanti. Peringatan itu diberikan jika ketahuan tetap turun ke jalan terpaksa akan diberhentikan untuk tinggal di Desaku Menanti.

Eks gelandangan dan pengemis (gepeng) yang sudah mendapat fasilitas di Desaku Menanti diharap Pemerintah Kota Malang bisa memanfaatkan pelatihan yang didapat. Hal itu selain untuk mengurangi jumlah gepeng, juga mengentaskan mereka dan membuat kemandirian berusaha ketimbang kembali ke jalanan.

Baca Juga : Dinas Pariwisata Kota Batu Dorong Desa Wisata Masuk Kategori Mandiri

Kepala Dinsos-P3AP2KB Kota Malang, Peni Indriani mengaku pihaknya akan melakukan pemantauan untuk warga Desaku Menanti atau pun anak jalanan yang pernah dibina. Jika tetap 'nakal' tentu ada konsekuensi yang harus diterima.

"Padahal dari pelatihan itu ada yang mau menampung hasil mereka, tapi mereka tetap begitu. Bahkan mereka dikejar itu tetap ngemis lagi besoknya. Jadi sekarang ketahuan beberapa kali turun ke jalan ya terpaksa kami hentikan (tinggal) di sana (Desaku Menanti)," ungkap Peni.

Menurut Peni, kesadaran anak-anak jalanan (anjal) untuk tidak lagi terjun ke jalan perlu ditingkatkan. Sebab, masih banyak yang enggan memanfaatkan hasil pelatihan keterampilan sehingga tidak perlu lagi kembali ke jalanan.

Sebelumnya, Peni juga sempat terbesit pikiran untuk mengorbitkan anjal agar melatih kemampuan dalam hal bermusik, sehingga nantinya tidak kembali ke jalan dan mereka bisa dikenal sekaligus bekerja sebagai musisi yang manggung di cafe atau undangan lain.

Baca Juga : Dinsos-P3AP2KB Kota Malang Pantau Keturunan Warga Desaku Menanti

"Nah itu awalnya, mereka kan suka bermusik jadi kenapa tidak dilanjutkan hobinya itu dengan hal positif artinya tidak turun ke jalan, saya ingin mereka saya orbitkan tapi tetap saja mereka sulit, jadi harus sabar dari Dinsos sendiri," keluhnya.