Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko (tengah) saat melakukan gerakan menanam pohon (Humas Pemkot Malang).
Wakil Wali Kota Malang, Sofyan Edi Jarwoko (tengah) saat melakukan gerakan menanam pohon (Humas Pemkot Malang).

MALANGTIMES - Musim penghujan sudah menyapa Kota Malang dan berpotensi menyebabkan banjir dan genangan. Selain gencar melakukan operasi membersihkan gorong-gorong, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang juga terus menggalakkan gerakan menanam pohon.

Hal itu pula yang dilakukan Wakil Walikota Malang Sofyan Edi Jarwoko, saat mengikuti gerakan lestarikan lingkungan dengan menanam 10 ribu lebih bibit pohon pule di Lapangan Sampo, Kota Malang. 

Gerakan itupun diharapkan mampu mengedukasi masyarakat untuk mencintai lingkungannya.

Baca Juga : Segera Bekerja, ini Pesan Wawali Malang Untuk Para Laskar Perencana

Pria yang akrab disapa Bung Edi itu berharap, gerakan menanam pohon bukan hanya dilakukan sekali saja. Melainkan terus dilakukan secara merata di seluruh wilayah Kota Malang. Sehingga akan menambah kawasan hijau di Kota Pendidikan ini.

"Terlebih, saat ini kita memasuki musim penghujan. Sehingga dibutuhkan banyak pohon untuk menjadi resapan air yang dapat menghindarkan kita dari banjir," katanya, Sabtu (28/11/2020).

Hari Jumat lalu, lanjutnya, gerakan serupa juga dilakukan pertama kali di lingkungan sekolah yaitu di SMPN 11. Dengan harapan dapat memberikan edukasi secara dini bagi anak-anak kita untuk melakukan penghijauan, meskipun saat ini anak-anak masih dalam posisi belajar secara daring.

Setelah melakukan penanaman pohon di Lapangan Sampo, Bung Edi juga melakukan penanaman pohon pule di kawasan Kelurahan Bakalan Krajan dan di Makam Mulyorejo.

Tak cuma sebagai peneduh dari teriknya cahaya matahari, rimbunnya pohon pule juga dipercaya memiliki segudang manfaat.

Baca Juga : Wawali Bung Edi Semangati Difabel Kota Malang

"Selain sebagai penghijauan, pohon pule juga dipercaya sebagai obat herbal. Katanya mampu menurunkan demam. Nanti kalay pohonnya sudah besar, harganya juga mahal," jelas Bung Edi lagi.

Pada kesempatan tersebut, turut hadir mendampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Rinawati beserta jajarannya dan Kepala Bagian Humas Kota Malang Nur Widianto.