Tiga Puskesmas Bersaing di KIP Award Kota Malang 2020

Nov 26, 2020 18:29
Suasana pemaparan nominator KIP Award Kota Malang 2020, di NCC, Kamis (26/11). (Foto: Humas Pemkot Malang).
Suasana pemaparan nominator KIP Award Kota Malang 2020, di NCC, Kamis (26/11). (Foto: Humas Pemkot Malang).

MALANGTIMES - Ajang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Award Kota Malang 2020 kembali digelar. Sederet nominator siap bersaing untuk menghadirkan layanan inovasi kepada masyarakat. Setidaknya ada 10 nominator yang tengah bersaing dalam KIP Award tersebut, tiga di antaranya merupakan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, yakni Puskesmas Pandanwangi, Puskesmas Janti, dan Puskesmas Ciptomulyo.

Sisanya, merupakan dari instansi maupun Perangkat Daerah (PD) di lingkup Pemerintahan Kota Malang. Seperti Disnaker-PMPTSP (Dinas Ketenagakerjaan, Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu), Dispendukcapil (Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil), Disporapar (Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata), Bakesbangpol (Badan Kesatuan Bangsa dan Politik), Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah), serta Kecamatan Blimbing.

Baca Juga : Vaksinasi Covid-19 Rencana Maret 2021, Dinkes Kota Batu Pastikan Tak Ada Penundaan

Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko menyampaikan apa yang telah ditampilkan oleh semua nominator merupakan inovasi yang luar biasa dalam memberikan keterbukaan informasi kepada publik. Apalagi, saat ini pemerintah dituntut untuk membuka diri kepada masyarakat guna memberikan informasi dan kebijakan-kebijakan yang sangat diperlukan serta mudah diakses dari mana saja.

"Terlebih dengan adanya UU nomor 14 tahun 2008 tentang KIP maka pemerintah diamanatkan untuk membuka informasi terkait penyelenggaraan pemerintahan kepada masyarakat," jelasnya, Kamis (26/11/2020).

Hal ini pula menurut pria yang akrab disapa Bung Edi, menjaawab apa yang menjadi harapan masyarakat Kota Malang. Di mana, melalui keterbukaan maka tidak akan ada lagi kesenjangan antara persepsi publik dengan realita pelayanan. "Nah inilah yang akan ditekankan, sehingga antara realita dan ekspektasi publik kesenjangannya tidak terlalu besar. Dan jawabannya adalah inovasi, kreatifitas. Hari ini ditampilkan, disampaikan," paparnya.

Pihaknya optimis pelayanan publik di Kota Malang ke depannya akan semakin membaik dengan berbagai inovasi dan kreatifitas yang dihadirkan oleh masing-masing Perangkat Daerah (PD).

Namun, juga tetap perlu mengsinergikan dengan elemen atau komponen yang lain dalam memaksimalkan pelayanan. "Saya optimis ke depan layanan di Kota Malang dengan kreativitas dan keterbukaan informasi publik juga semakin baik. Karena didukung dengam SDM yang bagus. Tinggal konsistensi, komitmen, dan regulasi yang memadai untuk bisa memayungi itu semua. Serta dukungan dari semua pihak agar hal ini terealisasi," tandasnya.

Dalam kesempatan tersebut, dari Dinas Kesehatan yakni tiga puskesmas saling mempresentasikan berkaitan dengan keterbukaan layanan hingga inovasi dalam memberikan informasi secara cepat dan akurat berbasis digitalisasi.

Baca Juga : Tekan Penyebaran Covid-19, Desa Tlekung Hentikan Kegiatan Belajar TPQ, Tahlil, Istigosah

Puskesmas Pandanwangi misalnya, yang mempresentasikan berkaitan dengan segala kegiatan dan aktivitas Puskesmas yang telah di tampilkan hampir di semua sosial media. Baik itu melalui Facebook, Instagram, Website, hingga Youtube.

"Di KIP Award ini kami berusaha memenuhi apa yang harus ada. Yang kami wujudkan adalah Puskesmas Pandanwangi itu telah melaksanakan keterbukaan informasi publik," kata Kepala Puskesmas Pandanwangi, dr Sri Purwani.

Adapun poin-poin yang memenuhi syarat untuk memenuhi KIP menurutnya juga telah dijalankan. Baik itu berkaitan dengan informasi layanan, hingga sistem edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat berbasis digital.

"Itu kita upload semua, mulai dari profil puskesmas, SOP kesehatan, kegiatannya apa saja, prestasi puskesmas apa saja, anggaran kami, realisasi, capaian kinerja kami juga kita upload. Di masa pandemi Covid-19 ini bahkan kami lebih gencar untuk itu," terangnya.

Topik
Dinas Kesehatan kota malangkip award

Berita Lainnya

Berita

Terbaru