KONI Kota Batu Tawarkan Lapangan Kusuma Agrowisata Jadi Pusat Latihan Piala Dunia U-20

Nov 23, 2020 18:16
Arema FC saat berlatih di Lapangan Kusuma Agrowisata beberapa saat lalu. (Foto: MalangTIMES)
Arema FC saat berlatih di Lapangan Kusuma Agrowisata beberapa saat lalu. (Foto: MalangTIMES)

MALANGTIMES - Komite Olahraga Nasional (KONI) Kota Batu mendorong Pemkot Batu agar memperhatikan tempat-tempat olahraga khususnya lapangan sepak bola. Sebab KONI Kota Batu telah menawarkan kepada FIFA dijadikan tempat pemusatan latihan di lapangan Kusuma Agro Wisata, Kota Batu.

“Lapangan di Kota Batu layak untuk dijadikan tempat latihan dari salah satu negara kontestan Piala Dunia 2021. Dan kami telah menawarkan kepada FIFA,” ungkap Ketua KONI Kota Batu, Mahfud.

Baca Juga : Tak Ingin Pemainnya Hanya Berlibur, Arema FC Wanti-Wanti Pemain Asing

Bahkan penawaran yang diajukan oleh KONI itu telah mendapatkan perhatian dari salah satu negara kontestan asal Timur Tengah. Jika piala dunia U-20 tetap dilaksanakan tepat waktu, rencananya pada awal tahun 2021 akan bertandang ke Kota Batu.

“Diperkirakan awal tahun 2021 akan ke Kota Batu. Tetapi jika pelaksanaan piala dunia U-20 2021 pelaksanaannya tidak mundur,” tambahnya, Senin (23/11/2020). 

Kota Batu layak menjadi pemusatan latihan lantaran memiliki beragam fasilitas, mulai dari lapangan yang berkualitas. Kemudian hotel dengan bintang lima juga tersedia.

Hanya saja, perlu adanya dorongan dari Pemkot Batu supaya tempat olahraga khususnya lapangan sepak bola bisa menjadi perhatian. Sekaligus hal ini bisa menjadi kesempatan untuk mempromosikan ke dunia internasional jika Kota Batu memiliki lapangan bertaraf international.

Yang nantinya bisa berimbas pada meningkatnya jumlah wisatawan yang datang ke Kota Batu. Menurutnya Piala Dunia 2021 bukan hanya menjadi ajang mengejar prestasi semata, tetapi jadi peluang sebagai sarana sport tourism. Sehingga perlu dimaksimalkan peluang yang ada.

Baca Juga : PABBSI Pecah, Pengurus PABSI Kota Malang Mulai Terbentuk

“Sport tourism bisa dihadirkan melalui penyelenggaraan event sport di Kota Batu. Lewat penyelenggaraan kejurprov, kejurda, atau event olahraga lainnya yang digelar di Kota Batu,” imbuh Mahfud.

“Dengan event besar akan diikuti oleh ratusan bahkan ribuan atlet. Jadi memacu keinginan mereka untuk berlibur mengunjungi tujuan wisata,” terang mantan Sekretaris KONI Kota Batu ini. 

Topik
piala dunia u 21lapangan kusuma agroKONI Kota Batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru