PABBSI Pecah, Pengurus PABSI Kota Malang Mulai Terbentuk

Nov 03, 2020 19:39
Logo PABSI (istimewa)
Logo PABSI (istimewa)

MALANGTIMES - Setelah Persatuan Angkat Besi dan Binaraga Seluruh Indonesia (PABBSI) Kota Malang pecah kongsi, Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABSI) Kota Malang menggelar pemilihan pengurus baru yang dilaksanakan Selasa (3/11/2020).

Pemilihan jajaran pengurus ketiga cabor tersebut dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti surat dari Pengprov PABBSI Jawa Timur Nomor : 149/PABBSI JATIM/XI/2020 perihal pembentukan pengurus organisasi PABSI, PBFI, dan PABERSI kota kabupaten di seluruh Jawa Timur.

Baca Juga : 3 Komunitas Ingin Jadi Pengurus Cabor Esport, KONI Kota Malang: Belum Ada Tindak Lanjut

Pada awalnya cabor angkat besi, angkat berat, dan binaraga memang berada di dalam satu federasi. Namun sesuai dengan keputusan Federasi Angkat Besi Dunia (IWF), terhadap ketiga cabor tersebut dilakukan pemisahan untuk masing-masing membentuk federasi sendiri.

Pemisahan ketiga cabor tersebut juga telah diperkuat oleh hasil keputusan Rakernas KONI Pusat yang telah dilaksanakan pada tanggal 25-27 Agustus 2020 lalu yang bertempat di Jakarta sehingga induk ketiga cabor tersebut sebelumnya yaitu Persatuan Angkat Besi - Binaraga - Angkat Berat Seluruh Indonesia (PABBSI) dinyatakan telah dibubarkan.

Acara pemilihan pengurus baru yang dilaksanakan di Ruang Pertemuan KONI Kota Malang dihadiri oleh Ketua PABBSI sebelumnya yaitu Sugiharta Tandya dan didampingi oleh Pengurus KONI Kota Malang Bidang Organisasi Mahmud Yunus.

Di dalam pertemuan tersebut para peserta yang terdiri dari unsur pelatih maupun atlet cabor angkat besi sepakat menunjuk Yoga Adhinata sebagai Ketua Umum Cabor Angkat Besi (PABSI) Kota Malang yang baru dengan masa jabatan 2020-2025.

Nama Yoga sendiri selama ini sudah bukan merupakan sosok asing di dunia olahraga Kota Malang, karena tercatat sebelumnya juga pernah menjadi Ketua Bidang Futsal Askot PSSI Kota Malang dan saat ini juga masih aktif sebagai Pengurus KONI Kota Malang.

Salah satu pelatih angkat besi Kota Malang yang hadir Muslimin mengatakan harapannya terhadap sosok ketua baru yang terpilih agar benar-benar memperhatikan cabor angkat besi Kota Malang untuk bisa tetap berprestasi terutama di Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur Ke-VII yang digelar pada tahun 2022.

“Sebelum kami calonkan sebagai ketua umum PABSI Kota Malang, saya sudah banyak berdikusi dengan Sam Yoga tentang perkembangan olahraga angkat besi Kota Malang, kami sampaikan kondisi yang ada dan kami sempat terkejut ketika beliau malah ingin menantang kami untuk bisa berprestasi lebih jauh tidak hanya di tingkat daerah tapi harus berani terjun ke tingkat internasional sehingga kami sepakat untuk mengusung beliau sebagai Ketua Umum PABSI Kota Malang yang baru," ujar Muslimin.

Selain itu Muslimin juga menambahkan bahwa selama ini cabornya aktif menyumbang medali bagi kontingen Kota Malang di Porprov sebelumnya, sehingga dia sangat senang ketika ada sosok ketua baru yang mau mendukung penuh perjuangan atlet-atlet angkat besi Kota Malang sampai dengan tingkat internasional.

Baca Juga : PABBSI Pecah Kongsi, Cabor KONI Kota Malang Akan Bertambah

“Memang selama ini hal tersebut yang kami impikan, kita sebagai pelatih berhasil mencetak atlet asli Arema yang bisa berlaga di kejuaraan dunia walaupun butuh perjuangan keras dan proses latihan yang berat tapi kami harus optimis itu bisa diwujudkan," imbuh Muslimin.

Sementara itu dihubungi di tempat terpisah, Ketua Umum PABSI Kota Malang terpilih Yoga Adhinata mengatakan jika dirinya berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya. Dirinya menyatakan siap membawa PABSI Kota Malang untuk bisa lebih berprestasi lagi.

“Sesuai dengan komitmen yang sudah saya sampaikan sejak awal, semua pihak harus sepakat untuk kompak dan mau bekerja keras demi membawa prestasi yang lebih baik lagi demi nama baik Kota Malang," ujar pria yang juga merupakan Pengurus Gapensi Kota Malang.

Ditanya oleh awak media tentang target kedepan, Yoga menambahkan bahwa sekarang konsentrasi PABSI Kota Malang adalah mempersiapkan diri menghadapi PORPROV VII Jawa Timur tahun 2022 agar bisa mendulang medali sebanyak-banyaknya.

"Saya beserta pengurus yang baru akan segera menyusun program untuk tahun 2021, salah satunya atlet-atlet angkat besi Kota Malang akan saya kirimkan untuk mengikuti Training Camp di Bandar Lampung yang selama ini dikenal menjadi kawah candradimuka nya atlet angkat besi di Indonesia baru setelah itu kita bikin program try out dan aktif ikut kejuaraan sampai ke tingkat internasional," tutupnya.

 

Topik
Persatuan Angkat Besi dan Binaraga Seluruh IndonesiaKota MalangPersatuan Angkat Besi Seluruh IndonesiaPABSI

Berita Lainnya

Berita

Terbaru