Habib Rizieq dan Prabowo (Foto: Pikiran rakyat)
Habib Rizieq dan Prabowo (Foto: Pikiran rakyat)

MALANGTIMES - Pamor Imam Besar FPI Muhammad Rizieq Shihab memang begitu luar biasa. Sepekan tiba di Indonesia, kehadirannya langsung mengguncang bursa di deretan calon presiden (capres) 2024.  

Kali ini, temuan survei Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research menunjukkan, Rizieq Shihab memiliki potensi sebagai capres 2024. Kendati demikian, elektabilitasnya masih kalah jauh dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.  

Baca Juga : Bicara Soal Hukum, Rizieq Shihab Ingatkan Bahaya "Bom Waktu" yang Akan Meledak

 

“Prabowo unggul dengan elektabilitas 22,3 persen. Selain itu, muncul pula capres potensial Rizieq Shihab yang menyodok ke angka 9,6 persen,” ungkap Direktur Eksekutif indEX Research Vivin Sri Wahyuni dalam siaran pers, Senin (16/11/2020).

Dari hasil survei itu menunjukkan, saat ini pesaing berat Prabowo masih Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo yang mendapatkan persentase 9,9 persen pada Februari lalu. Kini menjadi 15,2 persen.  

Nasib lebih parah kini justru dialami Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang pada Mei lalu mencapai 13, 7 persen kini justru hanya mendapat 4,7 persen. Sementara, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno bernasib sedikit lebih baik dengan mendapat 5,1 persen.  

Lalu ada pula nama capres muda PSI Giring Ganesha yang juga mengalami peningkatan dari 0,9 persen kini menjadi 1,9 persen.  

Selain nama-nama tersebut ada pula nama Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (3,9 persen), Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (2,7 persen), Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (2,1 persen), dan Menkopolhukam Mahfud MD (1,3 persen).

Baca Juga : Disambati Soal Kekeringan, Paslon SanDi Pastikan Akhir 2020 SPAM Baru Bakal Dibangun

 

Survei ini dilakukan pada 8-12 November 2020 lalu terhadap 1.200 orang yang mewakili seluruh provinsi di Indonesia. Survei dilakukan kepada responden melalui telepon dan dipilih secara acak.