Anak-Anak di Batu Secret Zoo Ramai-Ramai Beri "Hadiah" ke Lemur

Oct 31, 2020 16:27
Salah satu pengunjung anak-anak sedang memberikan buah kepada lemur di Lemur Kingdom Jatim Park 2, Sabtu (31/10/2020). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Salah satu pengunjung anak-anak sedang memberikan buah kepada lemur di Lemur Kingdom Jatim Park 2, Sabtu (31/10/2020). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Hari Lemur Sedunia dirayakan cukup spesial dan menarik di Batu Secret Zoo, Jawa Timur Park 2.

Di Hari Lemur ini, anak-anak diajak mengenal lebih dekat  lemur dari beberapa jenis secara langsung di area Lemur Kingdong, Batu Secret Zoo, Sabtu (31/10/2020). 

Baca Juga : Sapi Lebihi Jumlah Warga, Wisata Edukasi Susu Sapi Perah Di-launching di Brau

Sebelum itu, ada  parade Madagaskar dan flash mob  yang disuguhkan kepada wisatawan di area pintu masuk Jawa Timur Park 2. Setelah itu dilanjutkan dengan games yang mengajak anak-anak untuk berkompetisi melukis di atas topeng polos berwarna putih.

Mereka pun dengan senang memegang kuas dan mencampurkan beragam warna sesuai dengan kreativitasnya di atas topeng tersebut. 

Anak-anak lalu mendapatkan kesempatan memberikan buah-buahan segar kepada lemur.  Ada  semangka, nanas, jeruk, melon, salak, dan sebagainya. 

Didampingi oleh keeper, satu per satu mereka membaur membawa “kado” buat lemur yang dalamnya terdapat buah-bauahan. Awalnya ada yang langsung senang dan berani memberi makan lemur. Ada juga yang agak ketakutan dan ragu-ragu. Namun lama-kelamaan mereka berani memberikan makanan kepada lemur yang turun menghampiri anak-anak.

Jihan Nabila asal Sidoarjo salah satu bocah yang beruntung bisa memberikan  buah secara cuma-cuma kepada lemur. Awalnya Jihan sempat takut dan ragu memberikan makan. Tetapi setelah beberapa menit  dan membaur dengan suasana, akhirnya dia  berani memegang atau mengelus lemur secara  perlahan. Jihan pun menikmati waktunya hingga makanan yang dibawanya  habis.

“Ini pengalaman pertama saya ketemu sama lemur. Jadi penasaran, palagi bisa ngasih makan langsung di tempatnya (Lemur Kingdong). Perasan senang sekali,” ungkapnya.

Baca Juga : Pasangan Mahasiswa UB Terpilih Jadi Kangmas Nimas 2020 Kota Batu

Di  Batu Secret Zoo terdapar 32 ekor lemur. Hewan ini terdiri dari lima jenis. Yakni lemur berasal dari Madagaskar, Ring Tailed Lemurs (Lemur Catta), Red Ruffed Lemur (Varecia Rubra), Red Collared Lemur (Eulemyr Collarus), Brown Lemur (Eulemur Fubrus), dan Black Lemur (Eulemur Macaco).

Guest Relation Officer Jawa Timur Park 2 Edo Mayranda mengatakan, dalam memperingati Hari Lemur Sedunia itu, salah satu upaya yang dilakukan dengan memberikan edukasi sejak dini kepada wisatawan, khususnya menyasar  anak-anak yang datang ke Batu Secret Zoo. Tujuannya supaya bisa ikut menjaga kelestarian hewan, khususnya lemur.  

“Sebagai lembaga konservasi yang juga ikut program breading, kami juga ikut dalam rangkaian hari satwa mulai dari harimau hingga lemur. Untuk menanamkan kepada wisatawan, khususnya anak-anak, agar mengenal, mencintai, dan menyayangi. Tidak hanya datang , tapi bisa lebih dekat,” ucapnya. “Harapannya agar ke depan wisatawan yang datang juga ikut dalam melestarikan hewan, terutama hewan yang terancam punah," sambung Edo. 

 

Topik
Batu Secret Zoo Batu Secret Zoo Jawa Timur Park 2

Berita Lainnya

Berita

Terbaru