Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko bersama Wawali Punjul Santoso saat berfoto bersama pemenang Kangmas Nimas Kota Batu di Klub Bunga Butik Resort, Rabu (21/10/2020) malam.
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko bersama Wawali Punjul Santoso saat berfoto bersama pemenang Kangmas Nimas Kota Batu di Klub Bunga Butik Resort, Rabu (21/10/2020) malam.

MALANGTIMES - Kota Batu punya duta pariwisata baru. Keduanya Surya Bagus Prambudi dan Oxa Feby Salsabilla yang terpilih dalam ajang Kangmas Nimas Kota Batu 2020.

Ada persamaan dalam diri kangmas dan nimas 2020 ini. Surya dan Oxa sama-sama berusia 20 tahun dan sama-sama berkuliah di Universitas Brawijaya (UB).

Baca Juga : Flower Culture Festival, Serentak 24 Desa di Kota Batu Tunjukkan Kesenian Khasnya

Surya dan Oxa terpilih pada malam grand final yang  digelar Dinas Pariwisata Kota Batu dengan protokol kesehatan ketat di Klub Bunga Butik Resort, Rabu (21/10/2020) malam.

Seluruh yang hadir menggunakan masker hingga face shield serta menjaga jarak satu sama lain. Penyelenggara juga tetap memberikan hiburan yang cukup menarik dan maksimal kepada para penonton yang hadir.

Dalam pemilihan ini, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko ditahbiskan sebagai juri kehormatan.

Kontes ini dimulai dengan penampilan 20 finalis Kangmas Nimas 2020 menyuguhkan sebuah tarian tradisional. Kemudian fashion show by Ang House of Kebaya Batik (Aries Yunan MUA x Batik Anjani). Baru setelah itu 20 finalis memperkenalkan satu per satu nama, usia, dan pendidikan yang saat ini sedang ditempuh di depan penonton. 

Lalu diumumkan para finalis yang masuk lima besar, yakni 5 kangmas dan 5 nimas. Kemudian mereka yang terpilih itu harus menjawab pertanyaan yang sama  dengan waktu kurang lebih 60 detik.

Setelah mendapatkan penilaian, baru dewan juri memutuskan tiga pasangan terbaik. Baru satu per satu dari mereka harus menjawab pertanyaan yang berbeda-beda dari dewan juri. Kesempatan mereka menjawab pun hanya 30 detik.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu Arief As Siddiq mengatakan, untuk mewujudkan kaderisasi pelaku kepariwisataan Kota Batu dalam mempromosikan berbagai objek dan daya tarik wisata alam, budaya, dan sebagainya, salah satu program yang dilakukan adalah melalui pemilihan ajang Kangmas Nimas. Mereka nantinya menjadi duta pariwisata Kota Batu sekaligus mewakili Kota Batu pada ajang kompetisi di tingkat yang lebih tinggi.

“Pada seleksi Grand Final Kangmas Nimas Kota Batu yang diikuti 10 pasangan ini, selain mencari kangmas yang ganteng dan nimas yang cantik, juga harus didukung penampilan yang ramah dan menarik,” katanya. “Di samping itu juga memiliki kompetensi kecerdasan, kreativitas, keterampilan, dan memiliki wawasan seni budaya serta kepariwisataan yang ada di Kota Batu,” imbuh mantan kepala Dinas Lingkungan Hidup ini.

Kompetensi tersebut diharapkan dapat membangun dan mengembangkan kepariwisataan yang lebih maju. Termasuk kearifan lokal yang berlandaskan visi kota Batu, yaitu Desa Berdaya Kota Berjaya.

“Pemenang  Grand Final  Kangmas Nimas Kota Batu 2020 ini diharapkan dapat memahami tugas yang diembannya sebagai duta pariwisata Kota Batu. Sehingga pembangunan kepariwisataan di kota kita tercinta ini semakin dikenal dan memilik citra positif di kancah nasional maupun internasional,” ujar Arief.

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menambahkan, semakin tahun finalis Kangmas Nimas memiliki kualitas yang baik. Sehingga ke depan bukan hanya bisa berkiprah di Kota Batu, tapi internasional. 

Baca Juga : Demi Menjaga Mata Air, Wisata Alaska di Kota Batu Akhirnya Diberhentikan

“Ke depan para pemuda yang terbaik di Kota Batu bukan hanya mengenalkan pariwisatanya dan kebudayaannya, tapi juga kampanye protokol kesehatan digaungkan karena pemkot tidak bisa melakukan sendiri jika tidak dibantu stake holder,” ungkap Dewanti.

Sebelumnya, yang terpilih dalam lima besar kangmas dan lima besar nimas yakni Muhammad Devano Faris Estiawa, Arghata Diananta Romadhon, Ronald Anggara Putra, Roin Riyadi Syifak, dan Surya Bagus Pambudi.

Lalu nimas yang masuk lima besar adalah Fidela Gladis Atmaja, Yessica Febbyena Cezzabellla,  Oxa Feby Salsabila, Yunita Pratiwi Saputra, dan Malva Lena Santoso.

Kemudian yang terpilih tiga besar adalah Muhammad Devano Faris Estiawa,  Ronald Anggara Putra, dan Surya Bagus Pambudi. Nimas yang masuk tiga besar adalah  Oxa Feby Salsabila,  Yunita Pratiwi Saputra, dan Fidela Gladis Atmaja.

Sedangkan  yang terpilih sebagai Kangmas dan Nimas Favorit tahun 2020 adalah Arghata Diananta Romadhon dan Anggun Izatul Khofifah. Sementara Kangmas dan Nimas Persahabatan adalah Mochammad Taufik Aji Fahruli dan Yessica Febbina Cezzabella.