Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Magelang Asfuri Muhsis (kiri) saat menerima cinderamata dari Administrasi Umum Pemkot Batu, Chairul Sjarif Tartila dan kepala bagian Humas Santi Restuningsasi, di di Pendopo Drh Soepardi Kota Mungkid, Setda K
Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Magelang Asfuri Muhsis (kiri) saat menerima cinderamata dari Administrasi Umum Pemkot Batu, Chairul Sjarif Tartila dan kepala bagian Humas Santi Restuningsasi, di di Pendopo Drh Soepardi Kota Mungkid, Setda K

MALANGTIMES - Tak jauh berbeda dengan Kota Batu, Kabupaten Magelang juga unggulkan pariwisata dan pertanian untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD). Hal tersebut diungkapkan dalam Kunjungan Kerja Humas dan Pers Kota Batu terkait mekanisme kerja sama Pemkab Magelang di Pendopo Drh Soepardi Kota Mungkid, Setda Kabupaten Magelang, Selasa (27/10/2020). 

Dalam kunjungan itu disambut langsung oleh Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Magelang Asfuri Muhsis, dan didampingi oleh Administrasi Umum Pemkot Batu, Chairul Sjarif Tartila dan kepala bagian Humas Santi Restuningsasi. 

Baca Juga : Pandemi Covid-19, Pajak Parkir Diproyeksikan Sumbang PAD Pemkab Malang hingga Rp 800 Juta

Asisten Administrasi Umum Pemkab Magelang, Asfuri Muhsis mengatakan, total PAD Kabupaten Magelang mencapai Rp 400 miliar. Dari jumlah tersebut kontribusi terbesar dari sektor pertanian. “Dan 20 persen ditunjang dari sektor pariwisata,” ungkapnya.

Jika dibandingkan dengan Kota Batu PAD tahun 20219 silam, sejumlah Rp 200 juta. Dengan sektor penyumbang terbesar dari pariwisata sebanyak 80 persen. 

Menurutnya dengan berkembangnya sektor pariwisata di sana sangat dimanfaatkan oleh warganya. Misalnya dengan mengembangkan Homestay yang dibuat semenarik mungkin agar wisatawan lebih memilih menginap di rumah warga ketimbang di hotel. “Warga berupaya untuk memberikan kepuasan kepada wisatawan, supaya mereka lebih pilih Homestay daripada hotel,” imbuhnya. 

Kemudian untuk mempromosikan wisatanya, tidak bisa lepas dengan peran media massa agar lebih dikenal oleh masyarakat luas. “Kami tentunya juga melakukan promosi wisata dengan menggandeng media,” terang Ashuri.

Baca Juga : Dibahas, Ini Proyeksi APBD Kota Malang Tahun 2021

Sementara itu, Asisten Administrasi Umum Pemkot Batu, Chairul Syarif Tartila menambahkan, dengan adanya kunjungan ini bisa menjadi pengetahuan baru, untuk Pemkot Batu maupun Pemkab Magelang. 

“Selain silahturahmi, dengan ini supaya semakin sempurnanya pelayanan Pemkot Batu terhadap masyarakat, dan tanpa peran media dan publikasi gak punya arti di dunia luar dan gak tau,” ujarnya.