Wali Kota Malang Sutiaji (Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).
Wali Kota Malang Sutiaji (Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).

MALANGTIMES - Seluruh pemerintah daerah saat ini diwajibkan untuk memanfaatkan Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD). Sistem tersebut digadang-gadang sebagai aplikasi terkini untuk menyajikan informasi pembangunan kepada masyarakat.

Meskipun sempat kesulitan, Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan, saat ini sudah 80 persen informasi kegiatan di Kota Malang sepanjang 2021 sudah dimasukkan. Sementara sisanya masih dalam proses untuk kemudian bisa diakses masyarakat secara langsung.

Baca Juga : Tinggal Hitungan Hari, Bapenda Kota Malang Sarankan WP Manfaatkan Sunset Policy

"Total kegiatan di Kota Malang ada sekitar 30 ribu jenis kegiatan. Meskipun seharusnya itu diselesaikan kemarin-kemarin, namun sekarang kami terus berusaha untuk maksimalkan, dan masing-masing perangkat daerah (PD) lembur," terangnya, Senin (26/10/2020).

Sutiaji menjelaskan, seluruh rencana kegiatan di Kota Malang harus dimasukkan lebih rinci ke dalam sistem tersebut. Karena SIPD sendiri merupakan sebuah sistem untuk mendokumentasikan, mengadministrasikan, serta mengolah data pembangunan daerah menjadi informasi yang disajikan kepada masyarakat.

Data yang dimasukkan juga dapat dijadikan sebagai bahan pengambilan keputusan dalam rangka perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kinerja pemerintah daerah. Sehingga setiap pemerintah daerah memang harus mengumpulkan, mengisi, dan mengevaluasi data SIPD. Selanjutnya, data SIPD itu diolah dan disajikan dalam bentuk informasi pembangunan daerah.

"Dan informasi yang disuguhkan harus sangat rinci. Sehingga masyarakat bisa melihat secara gamblang," imbuhnya.

Suatiaji menargetkan agar seluruh perencanaan pembangunan di Kota Malang bisa dimasukkan ke dalam SIPD dalam waktu dekat. Dia juga berharap agar mendapat dukungan penuh dari DPRD Kota Malang serta masyarakat di Kota Pendidikan ini. Sehingga, masyarakat juga dapat mengakses segala jenis rencana kegiatan yang dibuat untuk pembangunan Kota Malang.

Baca Juga : Genjot Angka Kepatuhan WP di Tengah Pandemi, Begini Upaya Bapenda Kota Malang

"Maka kami sangat mengharapkan dukungan agar semuanya bisa berjalan lebih maksimal," tutup Sutiaji.