Humas Satgas Covid-19 Kabupaten Malang, Aniswaty Aziz saat menjelaskan penyebaran kasus Covid-19 di wilayahnya (Foto: Dokumen MalangTIMES)
Humas Satgas Covid-19 Kabupaten Malang, Aniswaty Aziz saat menjelaskan penyebaran kasus Covid-19 di wilayahnya (Foto: Dokumen MalangTIMES)

MALANGTIMES - Kabupaten Malang masih menyisakan 1 wilayah yang dipastikan zero kasus Covid-19. Dijelaskan Aniswaty Aziz selaku Humas Satgas Covid-19 Kabupaten Malang, wilayah yang hingga kini masih steril dari virus yang diduga berasal dari Wuhan, China tersebut adalah di Kecamatan Kasembon.

”Berdasarkan data dari Dinkes (Dinas Kesehatan) Kabupaten Malang, sampai dengan saat ini di sana (Kecamatan Kasembon) memang masih zero kasus Covid-19,” kata Aniswaty saat dikonfirmasi Senin (19/10/2020) sore.

Baca Juga : Sambut Kedatangan Vaksin Covid-19, Dinkes Kota Malang Siapkan Data Nakes

Sekedar informasi, pada 24 Agustus 2020 lalu, Kabupaten Malang sempat dikabarkan tidak lagi memiliki wilayah zero kasus Covid-19. Hal itu menyusul ditemukannya pasien terkonfirmasi positif Covid-19, yang diketahui berasal dari satu-satunya wilayah zero kasus Covid-19 di Kabupaten Malang. Yakni Kecamatan Kasembon.

”Iya, benar. Dulu banget itu (pernah ada 1 pasien Covid-19 asal Kasembon, red), ketika masih awal-awal kasus Covid-19 melanda Kabupaten Malang,” ucap Aniswaty membenarkan.

Namun, beberapa waktu belakangan ini, data Dinkes Kabupaten Malang tidak lagi mencantumkan kasus Covid-19 tersebut di wilayah Kecamatan Kasembon. Bukan tanpa alasan, tidak dicantumkannya kasus Covid-19 di wilayah Kecamatan Kasembon tersebut, lantaran pasien yang bersangkutan merupakan warga Kota Malang.

”Saya barusan koordinasi dengan Pak Arbani (Kepala Dinkes Kabupaten Malang), ternyata hanya KTP-nya (Kartu Tanda Penduduk) yang Kasembon, tapi domisili aslinya di Kota (Malang, red),” ungkap Aniswaty.

Semenjak kejadian tersebut, Satgas Covid-19 Kabupaten Malang tidak lagi menemukan adanya pasien Covid-19 di wilayah Kecamatan Kasembon. ”Sampai saat ini masih nol, kalau sudah nol berarti tidak ada tambahan (kasus Covid-19) baru,” sambung Aniswaty.

Sekedar informasi, merujuk pada data terbaru yang dihimpun Dinkes Kabupaten Malang, hingga Minggu (18/10/2020) ada 992 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Malang.

Baca Juga : Tempati Posisi 10 se-Jatim, Covid-19 di Kabupaten Malang Selisih 32 Kasus dengan Mojokerto

Dari jumlah tersebut, 885 pasien di antaranya dinyatakan sembuh. Sedangkan untuk jumlah pasien Covid-19 yang meninggal, tercatat ada 63 orang jiwa.

Di sisi lain, untuk jumlah pasien Covid-19 yang masih menjalani perawatan, tercatat ada 44 orang. Di mana, 41 di antaranya sudah menjalani isolasi mandiri, sedangkan 3 pasien lainnya masih dirawat di rumah sakit rujukan.

”Mudah-mudahan tidak adanya penambahan kasus di Kasembon itu bisa segera terjadi di kecamatan lainnya yang ada di Kabupaten Malang,” pungkas Aniswaty yang juga menjabat sebagai Kadiskominfo (Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika) Kabupaten Malang ini.