Tempat yang akan dijadikan Rumah Sakit Darurat Lapangan di Kota Malang untuk pasien Covid-19. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Tempat yang akan dijadikan Rumah Sakit Darurat Lapangan di Kota Malang untuk pasien Covid-19. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Upaya menekan angka kasus Covid-19 di Jawa Timur dengan penyediaan Rumah Sakit (RS) Darurat Lapangan di Kota Malang, sebentar lagi bakal terealisasi.

Pasalnya, jika tidak ada kendala rumah sakit yang nantinya ditempatkan di kawasan Politeknik Kementerian Kesehatan Malang (Polkesma) itu akan mulai dioperasionalkan akhir bulan Oktober 2020 ini.

Baca Juga : Kabupaten Malang dan Jember "Bersaing" di Posisi 10 Besar Kasus Covid-19 Jawa Timur

"Rumah Sakit Lapangan kemarin sudah ditinjau oleh provinsi, kemudian oleh BNPB Jawa Timur. Jadi diusahakan Rumah Sakit Lapangan ini beroperasi akhir Oktober," ujar Juru Bicara Gugus Satgas Covid-19, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kota Malang, dr Husnul Muarif saat dihubungi MalangTIMES, Senin (19/10/2020).

Rencananya, penyediaan rumah sakit tersebut akan diperuntukkan bagi pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dengan kategori OTG (Orang Tanpa Gejala) hingga yang gejala ringan. Dengan total kapasitas mencapai 306 tempat tidur untuk menampung pasien se-Jawa Timur.

"Kapasitasnya 306 tempat tidur, untuk masyarakat Jawa Timur. Karena ini rumah sakit lapangan, jadi nanti yang akan menempati adalah kategori orang yang tanpa gejala dan bergejala ringan," imbuhnya.

Sementara itu, berkaitan dengan fasilitas yang ada di rumah sakit itu semuanya menjadi domain dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Termasuk segi proses pembiayaan, tim medis, dan yang lainnya.

Baca Juga : Tersisa 45 Orang, Jumlah Pasien Sembuh Covid-19 di Kabupaten Malang Meningkat Jadi 831

"Fasilitasnya sudah dipenuhi semua, nanti pembiayaan dari BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) pusat kemudian dilewatkan ke Pemprov Jatim. Pengampunya nanti itu dari Rumah Sakit Saiful Anwar," tandasnya.

Untuk diketahui, sebelumnya Jawa Timur juga telah menjalankan RS Darurat Lapangan di wilayah Indrapura, Surabaya, yang dinilai efisien dalam menangani pasie Covid-19. Yang mana hal ini menjadi acuan untuk penyediaan di Kota Malang, dan diharapkan menjadi satu upaya menekan klaster keluarga yang selama ini menjadi penyumbang naiknya kasus Covid-19 di Indonesia.