Pjs Bupati Malang Sjaichul Ghulam, saat melakukan peninjauan protokol kesehatan di Kantor Kecamatan Tumpang (Foto : Humas dan Protokol Kabupaten Malang for MalangTIMES)
Pjs Bupati Malang Sjaichul Ghulam, saat melakukan peninjauan protokol kesehatan di Kantor Kecamatan Tumpang (Foto : Humas dan Protokol Kabupaten Malang for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Guna memastikan para ASN (Aparatur Sipil Negara) tetap netral saat menghadapi Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah), Pjs (Pejabat sementara) Bupati Malang Sjaichul Ghulam, terpantau melakukan safari kunjungan ke tingkatan ASN di kecamatan.

Dalam agenda kali ini, dijelaskan Ghulam, pihaknya beserta rombongan mengunjungi 3 kecamatan. Ketiga kecamatan yang dimaksud itu, meliputi Kecamatan Kepanjen, Bululawang, dan Tumpang.

Baca Juga : Tak Jamin Kesehatan Karyawan, Disnaker-PMPTSP Kota Malang akan Cabut Izin Usaha Pengusaha

"Ini kan kunjungan rutin. Artinya, saya harus ketemu dengan jajaran saya di kecamatan. Salah satunya ini, meninjau persiapan di kecamatan, termasuk ketemu dengan kepala desa," ungkapnya saat ditemui di Kantor Kecamatan Tumpang, Rabu (7/10/2020) sore.

Ketika disingung soal hasil pertemuan tersebut, lanjut Ghulam, setidaknya ada dua hal yang ia tekankan. Salah satunya perihal netralitas ASN saat Pilkada Kabupaten Malang.

"Pertama soal persiapan Pilkada, artinya soal netralitas ASN. Semuanya sudah siap mudah-mudahan lancar," ucap Ghulam.

Selain menjamin netralitas ASN saat gelaran Pilkada, Ghulam juga menekankan kepada jajaran ASN yang ada ditingkat kecamatan, agar terus berupaya untuk menekan angka penularan Covid-19.

"Jangan karena Pilkada akhirnya penanganan Covid-19 diabaikan, makanya perlu adanya penekanan terkait penanganan Covid-19 ini," tuturnya.

Sejauh ini, dari informasi dan pendalaman di lapangan, jajaran Muspika termasuk camat aktif terlibat dalam upaya pencegahan Covid-19. Hal itu setidaknya dibuktikan oleh Ghulam, saat dirinya melakukan safari kunjungan ke tingkat kecamatan.

Baca Juga : Jaga Fungsi IPAL Tetap Optimal, Cipta Karya Rutin Lakukan Pemeliharaan IPAL di Kota Malang

Menurutnya, mulai dari kantor pemerintahan hingga beberapa sudut di tingkat kecamatan sudah banyak imbauan terkait pencegahan dan protokol kesehatan Covid-19.

Selain itu, beberapa sarana protokol kesehatan mulai tempat cuci tangan, hingga pengecekan suhu tubuh sudah masif ditemukan oleh Pjs Bupati Malang, saat melakukan kunjungan di beberapa kecamatan.

"Penekanan terkait pencegahan Covid-19 sudah berjalan dengan baik, tinggal kita upayakan agar terus ditingkatkan," pungkasnya.