Para barista saat membuat kopi di Pine Park, Dusun Songgotiri, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu,  Kamis (1/10/2020). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Para barista saat membuat kopi di Pine Park, Dusun Songgotiri, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kamis (1/10/2020). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Bertemakan Gotong Royong Kopi Kota Batu, 40 barista meracik kopi khas Kota Batu yakni kopi Songgoriti yang berlangsung di Pine Park, Dusun Songgotiri, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu. Mereka bersama meracik kopi itu dalam rangka memperingati Hari Kopi Sedunia, Kamis (1/10/2020).

Terlihat para barista itu membuat kopi Songgoriti dengan cara yang berbeda-beda. Mulai dari menggunakan manual brew, juga mesin espresso. Tentunya dalam pembuatan kopi itu tetap dengan protokol kesehatan yang ketat. 

Baca Juga : Di Masjid Peninggalan Rasulullah Ini, Batu Bisa Selembut Bantal

Sehingga bagi para pecinta kopi yang datang ke sana bisa menikmati kopi dari barista-barista di Kota Batu. Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko bersama Lurah Songgokerto Dian Saraswati juga hadir dalam merayakan hari kopi, lantaran mereka juga pecinta kopi. 

Dian mengatakan, peringatan Hari Kopi Sedunia ini menjadi sebuah momen untuk mengenal kopi Kota Batu. 

“Ini jadi momen untuk mengangkat petani kopi, supaya kopi Kota Batu bisa terkenal di tingkat nasional hingga internasional,” ungkapnya.

Alasan mengapa dalam peringatan ini mengangkat kopi Songgoriti, lantaran para barista ingin nama kopi Songgoriti ini bisa dikenal oleh banyak orang. Melihat selama ini kopi Arjuno dan Panderman yang lebih banyak dikenal dikalangan masyarakat, khususnya di Malang Raya. 

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menambahkan, agar masyarakat bisa mengenal jika Kota Batu memiliki beragam kopi mulai dari Songgoriti, Panderman, dan Arjuno yang dihasilkan dari lereng-lereng gunung tersebut. 

“Ada kopi Songgoriti, Arjuno, Panderman yang dihasilkan oleh Kota Batu,” terangnya. 

Baca Juga : Teh Celup dari Kulit Kopi, Inovasi Mahasiswa KKN Unikama Ini Unik dan Patut Dicoba

Peringatan hari kopi sedunia sengaja digelar berdekatan dengan kebunnya, karena mengangkat kopi Songgoriti. Terlebih di sana sambil menikmati pemandangan indahnya sebagian wilayah Kota Batu yang nampak dari sana.

Sedangkan Pelaksana Peringatan Hari Kopi Sedunia Septian Resbianto, menjelaskan, dengan berkolaborasinya para barista seluruh Kota Batu ini supaya industri kopi bisa lebih maju. Ditambah dengan mengangkat kopi-kopi lokal yang tidak kalah nikmat rasanya.

“Kegiatan ini digelar untuk memperingati hari kopi sedunia. Semoga industri kopi di Kota Batu bisa lebih maju,” harapnya.