Progress pemasangan balok girder Jembatan Kedungkandang. (Ahmad Amin/MalangTIMES).
Progress pemasangan balok girder Jembatan Kedungkandang. (Ahmad Amin/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Salah satu mega proyek terbesar Kota Malang, yakni Jembatan Kedungkandang saat ini tengah dalam proses pembangunan. Dengan progress saat ini, Jembatan Kedungkandang direncanakan bisa mulai difungsikan di awal tahun 2021 mendatang.

Bahkan, nantinya area jembatan ini bakal dilengkapi fasilitas infrastruktur dan penunjang lainnya. Salah satunya, pembuatan taman yang tengah diusulkan untuk bisa direalisasikan ketika jembatan sudah bisa difungsikan.

Baca Juga : Sutiaji Apresiasi Pekan Kebudayaan Daerah, Kunjungi UMKM dan Membatik Payung

 

"Ada lahan lain 80x15 meter untuk bisa dijadikan fungsi yang lain. Kami usulkan bisa dijadikan taman," ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang, Hadi Santoso. 

Tidak hanya itu, infrastruktur jalan di sekitarnya juga akan ditambah. Seperti akan dilakukan pelebaran jalan di beberapa titik sekitarnya untuk memperlancar akses lalu lalang bagi pengguna jalan.

Pelebaran jalan ini kata Soni (sapaan akrabnya), akan dianggarkan di tahun 2021. Nantinya, pelebaran jalan tersebut akan dilakukan di sekitar pintu masuk arah Rusunawa Kota Malang. Kemudian, di sekitar kawasan dari arah Jembatan Muharto untuk memperlancar arus lalu lintas.

"Pelebaran jalan ini bisa dianggarkan di tahun 2021. Termasuk nanti akan kita buat gapura di sisi selatan jembatan," imbuhnya.

Sementara itu, Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan dengan bertambahnya fasilitas infrastruktur penunjang tersebut akan mempermudah akses dari setiap orang yang melintasi kawasan Jembatan Kedungkandang.

Sehingga, semuanya bisa memanfaatkan area jalan yang disiapkan guna akan menghindari keramaian dan kepadatan kendaraan.

Baca Juga : Jaga Fungsi IPAL Tetap Optimal, Cipta Karya Rutin Lakukan Pemeliharaan IPAL di Kota Malang

 

"Di areal bawah ada 80x15 meter, hampir seribu itu akan kita buat areal taman supaya tidak dimanfaatkan yang lain. Dan untuk pelebaran tadi akan kita sampaikan kepada Pak Soni, seminimal mungkin dibuat agar tidak crowded. Mau ke sini, belok ke pasar akan dibuatkan jalan, belok ke Rusunawa juga sudah ada jalannya," terangnya.

Sebagai informasi, jembatan yang menjadi penghubung Kota Malang dan Kabupaten Malang yang dinantikan pembangunannya sejak 2014 lalu ini, telah masuk tahap pemasangan balok girder. Progresnya, hingga akhir September telah berjalan 51,6 persen.

Targetnya, di akhir Desember 2020 mendatang Jembatan Kedungkandang telah selesai dan bisa difungsikan menyambut tahun baru 2021.