Peta Kota Batu berwarna merah. (Foto: infocovid19.jatimprov.go.id)
Peta Kota Batu berwarna merah. (Foto: infocovid19.jatimprov.go.id)

MALANGTIMES - Kota Batu kini menyusul beberapa daerah di Jawa Timur seperti Kota Malang, Mojokerto, Probolinggo, dan Sumenep masuk pada zona merah atau risiko tinggi penyebaran Covid-19. Pasalnya, saat ini skor Kota Batu turun di angka 1,63 per Jumat (25/9/2020) kemarin.

Angka ini juga lebih rendah dibandingkan saat zona merah awal di skor 1,77. Sempat membaik dan masuk zona oranye atau risiko sedang di angka 1,94, kini skor Kota Batu turun 0,31 poin.

Baca Juga : 164.924 Warga di Kota Batu Miliki BPJS Kesehatan, Wali Kota Batu: Harapan Saya 100 Persen

Hal tersebut bisa terlihat dari data di website infocovid19.jatimprov.go.id pada Sabtu (26/9/2020). Sedangkan untuk persentase recovery rate atau tingkat kesembuhan 71,12 persen dan fatality rate 8,11 persen. 

“Penentuan zona atau status risiko wilayah didasarkan pada 14 indikator,” ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu M. Chori.

Beberapa hari terakhir, jumlah pasien konfirmasi positif Covid-18 di Kota Batu terus melonjak. Total secara kumulatif sudah mencapai 419 orang dengan tambahan pada Jumat sebanyak 5 orang.

“Jumat ada tambahan 5 orang, dan kasus sembuh ada tambahan 2 orang,” urai Chori.

Dengan angka terkonfirmasi aktif ada 87 orang. Lalu untuk kesembuhan meningkat 2 orang menjadi 298 orang dan meninggal dunia tetap pada angka 34 orang.

Sementara, kasus suspek meningkat 19 orang totalnya 514 orang. Kasus probable ada tambahan satu orang menjadi 30 orang, dan isolasi meningkat 19 orang totalnya 151 orang. Discarded juga ada tambahan 5 orang sejumlah 360 orang.

Baca Juga : Banyak Pasien Covid-19 yang Sembuh, Kabupaten Malang Turun ke Peringkat 8 se-Jatim

Sedangkan untuk zona merah atau risiko tinggi tersebar di 16 desa/kelurahan. Lalu untuk zona oranye atau risiko sedang ada 6 desa/kelurahan, dan menyisakan zona kuning di 2 desa/kelurahan.

Rinciannya wilayah zona merah berada di kawasan Kecamatan Junrejo yakni Kelurahan Dadaprejo, Desa Beji, Desa Torongrejo, Desa Mojorejo, Desa Tlekung, dan Desa Pendem. Lalu di Kecamatan Batu ada di Desa Pesanggarahan, Sumberejo, Kelurahan Songgokerto, Ngaglik Temas, dan Kelurahan Sisir.

Untuk wilayah Kecamatan Bumiaji ada di Desa Pandanrejo, sebelumnya Desa Giripurno, Desa Punten, dan Desa Gunungsari.

Menyisakan zona oranye atau risiko sedang di Desa Sidomulyo, Bulukerto, Bumiaji, Sidomulyo, Tulungrejo, dan Junrejo. Dan zona kuning ada di Kecamatan Bumiaji yakni di Desa Sumber Brantas dan Desa Sumbergondo.