Pasar Besar Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Pasar Besar Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Revitalisasi Pasar Besar Kota Batu bakal berlangsung pada tahun 2021 mendatang. Karena itu, Detail Engineering Design (DED) dalam waktu dekat ini akan segera disosialisasikan Pemerintah Kota (Pemkot) Batu. Sehingga para pedagang Pasar Besar Kota Batu mengetahui, dan tidak ada kesalahan komunikasi nantinya.

Rencananya sosialisasi terkait DED Pasar Besar Kota Batu akan dilangsung pada pertengahan bulan September ini. “Kami akan segera mensosialisasikannya supaya gak ada salah persepsi,” ucap Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko.

Baca Juga : Long Weekend, Omzet Pedagang Bunga di Kota Batu Meningkat

Ia menambahkan, nantinya akan ada sedikit perubahan tetapi tidak prinsipil. Alasannya, lantaran melihat kontur tanah yang akan dijadikan bangunan. “Ada kendala karena kontur tanahnya. Waktu dicek, memang agak susah. Tapi kami berusaha semaksimal mungkin supaya nantinya bangunan sesuai dengan harapan,” ujarnya.

Sementara itu Dewanti meminta agar bulan November mendatang relokasi pedagang bvisa terealisasi. Sehingga pada bulan Desember bisa dilangsungkan pembongkaran Pasar Besar Kota Batu.

“Relokasi dijadwalkan November. Setidaknya itu sudah paling telat pedagang harus direlokasi di area Stadion Brantas Kota Batu. Jadi akhir Desember itu pasar sudah rata tanah,” terang politisi PDI Perjuangan ini. 

Karena, lanjutnya, jika ingin tahun 2021 pasar direvitalisasi, akhir tahun syaratnya harus sudah rata dengan tanah. "Sehingga relokasi ini harus segera dilaksanakan,” tegasnya.

Baca Juga : Libur Panjang, Okupansi Hotel di Kota Batu Mencapai 100 Persen

Sedang untuk anggaran revitalisasi itu sejumlah Rp 200 miliar yang diambil dari Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN).