Masker bernuansa Nusantara karya desainer grafis Muhamad Ali Al Sidiq. (Foto: Instagram krn.bgt)
Masker bernuansa Nusantara karya desainer grafis Muhamad Ali Al Sidiq. (Foto: Instagram krn.bgt)

MALANGTIMES - Tak hanya pengrajin dan desainer fashion saja, para desainer grafis dan ilustrator juga turut mendesain masker-masker kreatif yang tak kalah keren. Salah satunya mahasiswa Seni Rupa Murni Universitas Brawijaya (UB), Muhamad Ali Al Sidiq. 

Di masa pembelajaran dari rumah ini, mahasiswa semester 9 tersebut mendesain masker dengan nuansa Nusantara yang ia beri judul "Matur Suksma" yang berarti terima kasih. Terdapat beberapa icon dari beberapa suku di Indonesia yang ia visualkan dalam desain maskernya. Di antaranya Ondel-ondel dari Betawi, Barong dari Bali, Topeng Malangan, dan Rumah Adat Padang.

Baca Juga : Biar Anak-anak Betah Pakai Masker, Yuk Intip Kreasi Masker Lucu Ini

 

"Bentuk Barong Bali yang aku taruh di tengah itu memiliki makna seperti harapan semoga Indonesia tetap terlindung dan terjaga kebudayaannya. Sama seperti barong yang menjaga kedamaian di daerah tempat dia tinggal," ucapnya kepada media ini.

 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Mau ngeshare full time lapes pertamaku di ig tv hehe illustrasi ini untuk submission dari event @krn.bgt

Sebuah kiriman dibagikan oleh ali sidiq (@alienswer) pada

 

Latar belakang Ali membuat ilustrasi ini adalah rasa terima kasih dan bangganya terhadap Indonesia yang mempunyai berbagai macam budaya.

"Karena dengan hidup di Indonesia aku bisa ngerasain indahnya perbedaan dan kebersamaan. Aku bisa belajar tentang toleransi dan saling menghargai satu sama lain dan juga bisa menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila," tuturnya.

Desain karya Ali terpilih sebagai juara 1 dalam kompetisi yang digelar oleh Creative Art Agency and Community, "Keren Banget Artist Project" atau krn.bgt. Lantaran banyak artist terkena dampak pandemi, creative agency tersebut mengajak para artist untuk berkolaborasi membuat desain masker.

Ke depan, Ali berencana membuat masker-maskernya sendiri dalam art merchandisenya, sunflo.co.

Baca Juga : Yuk Jaga Kesehatan tapi Tetap Trendi dengan Masker Batik Tulis Bernilai Seni Tinggi ini

 

Desainer grafis dan ilustrator lain yang juga bergerak untuk mendesain masker di masa pandemi ini adalah Naurah Athira. Ia membuat desain masker dengan 3 tema dalam Nola Draws, yakni tema film, tropical, dan quarantine.

Desain masker bertema self quarantine karya Nola Draws yang diproduksi oleh Project by Kara
Desain masker bertema film karya Nola Draws yang diproduksi oleh Project by Kara

Menariknya, pada desain quarantine itu ia seakan memberikan contoh-contoh kegiatan di rumah agar meski orang banyak menghabiskan waktu di rumah saja tetap asik dan tidak bosan. Mulai dari mengikuti online course, membaca buku, mencoba resep online, yoga, bercocok tanam, menonton series, menulis jurnal, hingga membuat video Tik Tok.

Nola, sapaan akrabnya, mengaku dengan desain-desain lucunya ia berharap orang semakin bersemangat memakai masker.

"Masker-masker dengan gambar lucu itu untuk menyemangati orang memakai masker," tukasnya.