Masker batik tulis sebagai penunjang penampilan oleh Iryani Hastika. (Foto: Irin for MalangTIMES)
Masker batik tulis sebagai penunjang penampilan oleh Iryani Hastika. (Foto: Irin for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Dalam menjalani aktivitas sehari-hari di luar rumah, kini kita diharuskan untuk memakai masker. Ada kalanya, kita merasa bosan mengenakan masker yang itu itu saja. Beberapa orang juga butuh masker-masker unik dan trendi untuk menunjang penampilan.

Salah satu masker unik yang dapat menunjang penampilanmu adalah masker-masker Yaya Fashion Art. Pemiliknya, Iryani Hastika, membuat masker batik tulis dan masker lukis dengan karakter yang unik-unik.

Baca Juga : Wow, Masker Fashion Khas Budaya Indonesia nan Mewah ini Karya Desainer Malang

 

"Semua karakter saya bikin, mulai dari ondel-ondel, dokter, kaktus, si mbok Jawa," ucap perempuan yang sebelumnya membuat baju-baju lukis wayang kontemporer tersebut kepada media ini.

Awal dirinya mulai membuat masker-masker kreatif ini yakni Maret 2020, bermula dari permintaan dari customer-customernya. Kini, masker-masker itu telah berkelana ke berbagai daerah, mulai dari sekitar Jawa Timur, Solo, Semarang, Jakarta, Kalimantan, Sumatera, Sumbawa, hingga Manado.

Jika hampir semua usaha masyarakat terpuruk akibat pandemi covid-19, masker batik tulis dan masker lukis buatan Irin malah kebanjiran pesanan. Bahkan dirinya mengaku sampai kewalahan. Dibandingkan sebelum pandemi, kuantitas garapannya sekarang melonjak hingga 5 kali lipat. Satu bulannya, ia membuat sampai 240 buah masker.

"Selama pandemi bukannya down tapi syukur Alhamdulillah malah berlipat-lipat pesanan saya," ungkap perempuan lulusan Institut Seni Indonesia (ISI) ini.

Untuk mempertahankan kualitas, Irin membuat masker-masker itu sendiri. Mulai dari membuat sket, mencanting, menjemur, mewarna, mencuci, fiksasi, dan lain-lain. Kainnya menggunakan kain katun primisima super. Pembuatan masker batik tulis bisa memakan waktu 2-3 hari. Sementara untuk masker lukis membutuhkan waktu 10 menit saja, 2 jam dengan menjahit dan lain sebagainya. 

Owner Yaya Fashion Art mengenakan baju dan masker batik tulis yang fashionable (foto: Irin Iriyani to MalangTIMES)

 

Satu masker berharga Rp 50 ribu saja. Tidak begitu mahal khan, bila dibandingkan dengan proses pembuatannya yang butuh ketelatenan dan proses yang tidak mudah.

 

Anda bisa melihat koleksi Irin di Instagram @yaya_fashion_art.