Salah satu masker anak kreasi dafayu_sockcute yang diproduksi senada dengan boneka (foto: Imarotul Izzah/ MalangTIMES)
Salah satu masker anak kreasi dafayu_sockcute yang diproduksi senada dengan boneka (foto: Imarotul Izzah/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Tak hanya orang dewasa saja yang dapat tampil fashionable dengan masker-masker unik di masa adaptasi kebiasaan baru dalam pandemi covid-19 ini. Anak-anak pun juga bisa loh mengenakan masker dengan gambar-gambar lucu.

Salah satunya masker kreasi Kurnia ini. Kurnia yang sebelumnya memproduksi boneka dengan brand dafayu_sockcute kini juga memproduksi masker anak.

Baca Juga : Wow, Masker Fashion Khas Budaya Indonesia nan Mewah ini Karya Desainer Malang

 

Sesuai brand yang ia usung yakni cute, masker-masker yang ia buat pun berkarakter lucu. Mulai dari bentuk, warna dan motif ia sesuaikan dengan karakter anak.

Bahkan ia juga memproduksi masker yang senada dengan boneka. Di antaranya masker dan boneka berbentuk unicorn. Masker unicorn ini terbuat dari bahan katun dengan hiasan bunga dan tanduk yang senada dengan boneka handmade buatannya. Selain bentuk unicorn, masih ada bentuk lainnya yang bisa dibuat sesuai keinginan pelanggan.

"Anak-anak kan biasanya enggak betah kalau disuruh memakai masker, makanya saya memproduksi masker dengan model cute, dijamin anak-anak akan suka," ucap Kurnia saat diwawancara di galeri bonekanya di Perum Oma View.

Kurnia mengakui, di awal-awal pandemi, pesanan boneka yang ia pasarkan melalui Instagram mengalami penurunan omset. Lalu ia pun memutar otak untuk berkreasi memadukan boneka dengan masker dan tidak disangka justru pesanannya menjadi membludak. Tak hanya di dalam kota, bahkan peminatnya dari luar kota dan pulau seperti Jakarta, Semarang,  hingga Bali dan Kalimantan.

Sama dengan Kurnia, Maya Wima yang sebelumnya berkecimpung membuat baju dan pernak-pernik lukis, kini juga memproduksi masker lukis untuk anak-anak. 

Beberapa waktu yang lalu, media ini mampir ke Galeri Diajeng Maya Art and Craft yang berlokasi di Buring, Malang untuk mengintip koleksi masker-masker lucunya yang cocok untuk anak-anak. 

Ada masker dengan gambar karakter anak yang tertulis bernama Oyin. Dalam karakternya, Oyin mengenakan seragam koki. Di masker itu juga terdapat gambar alat-alat masak. Kemudian, ada pula karakter anak berhijab bernama Resya dengan gambar alat make up. 

Lalu, terdapat karakter anaknya yang bernama Sania. Lantaran Sania punya hobi makan, di masker itu digambar pula makanan berupa muffin dan susu. Selain itu, juga terdapat masker bergambar karakter dokter hewan dengan gambar kucing yang tak kalah menggemaskan.

Baca Juga : Dari Pandemi, Lahirlah Bisnis Masker Kreatif di Kota Malang

 

Sebelum membuat masker lukis karakter lucu-lucu ini, Maya senang membuat masker lukis wayang. Kemudian, dirinya juga mendapat banyak permintaan untuk membuat masker gambar bunga.

"Tapi kalau cuma wayang dan bunga itu kan yang makai dewasa-dewasa aja. Akhirnya saya berpikir juga gimana caranya biar anak-anak juga bisa makai masker lukis tapi nggak kelihatan tua dan tetap fashionable. Akhirnya saya bikin masker-masker karakter itu," kisahnya kepada media ini.

Hingga kini, banyak sekali permintaan masker yang diterimanya. Perharinya, setidaknya ia bisa menggarap 15 buah masker. Peminat maskernya tak hanya di seputar Jawa Timur saja, namun juga Bandung, Jakarta, hingga Kalimantan.

"Pokoknya semua disyukuri. Meski pandemi, pasti ada jalannya. Walaupun nggak bisa ke mana-mana ya udah emang tugas saya cuma melukis di rumah, bikin karya," ungkapnya.

Diajeng Maya menunjukkan masker kreasinya (foto: Imarotul Izzah/ MalangTIMES)

Harga masker lukis Diajeng Maya Art and Craft bermacam-macam. Untuk masker bunga-bunga sekitar Rp 35 ribu hingga Rp 40 ribu. Untuk masker wayang dan karakter Rp 50 ribu hingga Rp 60 ribu.