Fashion mask mewah dan megah khas budaya Indonesia karya Gerry Yo.
Fashion mask mewah dan megah khas budaya Indonesia karya Gerry Yo.

MALANGTIMES - Pandemi covid-19 menghantam perekonomian dunia, tak terkecuali di Indonesia. Bencana ini membuat banyak orang kesulitan secara ekonomi. Tak sedikit masyarakat yang kehilangan pekerjaannya. Beberapa harus bertahan dengan pendapatan pas-pasan.

Situasi ini membuat banyak orang menjajal berbagai bisnis. Salah satunya adalah bisnis masker. Sebab memang, permintaan pasar terhadap masker saat ini sedang tinggi-tingginya. 

Baca Juga : Bintang 3, Kebersihan Ubud Hotel Kurang, Swiss-Belinn dan Ibis Styles Disorot Soal Sarapan

WHO telah menganjurkan pemerintah-pemerintah, guna secara efektif mencegah penularan covid-19 dengan mengenakan masker di situasi-situasi dan tempat-tempat tertentu untuk menekan penyebaran covid-19. Pemerintah Indonesia sendiri juga telah mewajibkan masyarakat untuk memakai masker kain apabila ke luar rumah.

Akhirnya, kini banyak orang berlomba-lomba membuat dan menjual masker kain sekreatif mungkin. Terlebih lagi, di masa adaptasi kebiasaan baru ini, masyarakat sudah mulai menjalani berbagai aktivitasnya. Mereka membutuhkan berbagai jenis masker untuk disesuaikan dengan situasi, acara, dan tempat yang dikunjungi. Maka tak heran jika kini masker sudah tidak hanya berfungsi menjaga diri dari virus, namun juga sebagai pelengkap fashion.

Masker-masker fashion pun mulai bermunculan di kota Malang. Salah satu yang patut diapresiasi adalah masker mewah nan megah karya desainer Malang yang digemari oleh para selebritas seperti Dewi Persik, Titi DJ, Reza Artamevia, hingga kalangan pejabat. Masker-masker itu tentu tidak bisa dipakai untuk kegiatan sehari-hari, melainkan di event-event tertentu seperti akad nikah, wedding, photoshoot, dan show di atas panggung.

Namun, sehari-hari Anda juga tetap bisa tampil kece dengan masker batik tulis kreatif. Terdapat pengrajin Malang yang membuat batik tulis dengan karakter-karakter by request, seperti ondel-ondel, dokter, mbok Jawa, dan lain-lain. Pengrajin ini mengaku mendapat pesanan 5 kali lipat lebih banyak di masa pandemi ini.

Selain itu, di Malang muncul juga pengrajin yang membuat masker lukis yang tidak hanya dipakai untuk orang dewasa namun juga untuk anak-anak. Anak-anak bisa tampil fashionable dengan masker lukis bergambar karakter dirinya serta hobinya.

Tak hanya itu, di masa pandemi ini para desainer grafis dan ilustrator muda juga turut menyumbang desain karyanya untuk masker. Desain-desain yang mereka buat begitu unik dan punya tujuan masing-masing. Ada yang ingin menunjukkan kebanggaannya akan budaya Indonesia yang beragam. Ada pula yang bertujuan agar membuat orang semangat untuk memakai masker.

Baca Juga : Masa Pandemi Covid 19, di Kota Batu Bosda Cair dan SPP SD-SMP Tetap Gratis

Ulasan-ulasan itu hadir dalam liputan khusus Masker Kreatif Kota Malang di Masa Pandemi. Tentunya, ulasan-ulasan ini tak lengkap tanpa adanya komentar pengamat mode hingga dokter. Sehingga, Anda tak hanya dapat tampil fashionable dengan masker-masker kece ini, namun juga tetap memperhatikan sisi kesehatan agar terhindar dari covid-19.