KONI Kota Malang Segera Gelar Liga Pelajar Piala Presiden

Aug 31, 2020 19:45
Ketua Umum KONI Kota Malang, Eddy Wahyono (Hendra Saputra)
Ketua Umum KONI Kota Malang, Eddy Wahyono (Hendra Saputra)

MALANGTIMES - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Malang akan menindaklanjuti surat edaran Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tentang bergulirnya Liga Pelajar Piala Presiden. Hal itu juga sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2019 tentang percepatan pembangunan persepakbolaan nasional.

Sepak bola nasional saat ini menjadi satu hal yang sangat diseriusi oleh pemerintah, karena pada tahun 2021 mendatang Indonesia akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia U-20. Di situ, mata dunia akan melihat bagaimana Indonesia melakukan penyelenggaraan event akbar dan menilai bagaimana prestasi khususnya di bidang sepak bola.

Baca Juga : Kehilangan 2 Pemain Asing, Arema FC Banyak Tawaran dari Agen

Dengan adanya Inpres nomor 3 Tahun 2019 itu, daerah di Indonesia melalui KONI akan melakukan sebuah kegiatan di mana yang menyangkut sepak bola sebagai proses percepatan prestasi.

Dalam hal ini, KONI Kota Malang telah melakukan pertemuan dengan Asprov PSSI Kota Malang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang, Dinas Cabang Provinsi Jatim, Kementerian Agama, dan Dinas Pemuda dan Olahraga Pariwisata (Disporapar) Kota Malang.

Dalam pertemuan tersebut, KONI Kota Malang berharap mendapat pertimbangan dan masukan tentang rencana bergulirnya Liga Pelajar Piala Presiden. "Kami ingin menindaklanjuti Inpres Nomor 3 tahun 2019. Jadi akan membuat Liga Siswa di tingkat kota/kabupaten. Surat edaran sudah kita terima beberapa hari lalu. Kemudian kita lanjutkan dengan pertemuan bersama PSSI, Disdikbud, Dispora, Kemenag, dan Dinas Cabang Provinsi Jatim," kata Ketua Umum KONI Kota Malang, Eddy Wahyono, Senin (31/8/2020).

Nantinya event Liga Pelajar Piala Presiden digelar dengan berbagai jenjang usia, mulai dari usia di bawah 14 tahun, usia di bawah 16 tahun dan usia di bawah 17 tahun. Namun, secara teknis KONI Kota Malang masih menunggu arahan dan instruksi dari pusat.

Baca Juga : Rencana Gelar Kompetisi Internal, Asosiasi PSSI Kota Malang Berpatokan Pusat

"Belum disebutkan kapan gelarannya, tapi kita menunggu jadwalnya kapan. Pastinya ada panitia besar. Kalau melihat surat edaran ini ditembuskan ke wali kota atau bupati. Kemungkinan akan dianggarkan di 2021 dan akan digelar tahun 2021," lanjut Eddy.

Secara umum, Eddy menyebut Kota Malang siap menggelar kompetisi tersebut baik secara sarana dan prasarana. Karena sangat banyak sekali lapangan sepak bola yang ada Kota Malang ini. Bahkan untuk partai final sendiri KONI sudah menyiapkan Stadion Gajayana. "Jadi ini jenjangnya dari Kota juaranya akan ke provinsi kemudian juaranya di provinsi akan bertanding di level nasional. Kalau lapangan di Kota Malang banyak, nanti final bisa di Stadion Gajayana," pungkasnya. 

Topik
KONI KOTA MALANG Liga Pelajar Piala Presiden Wakil Ketua KONI Kota Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru