Malangtimes

Di Tengah Pandemi Covid-19, Mahasiswa Unikama Beri Bimbel pada Anak Pesisir Pantai

Aug 26, 2020 08:49
Mahasiswa KKN Unikama Kelompok 28 yang memberikan pembelajaran dalam Bimbel untuk anak-anak pesisir pantai (Ist)
Mahasiswa KKN Unikama Kelompok 28 yang memberikan pembelajaran dalam Bimbel untuk anak-anak pesisir pantai (Ist)

MALANGTIMES - Sebagai bentuk penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN)  Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) Kelompok 28 menunjukkan kiprah nyatanya dalam pengabdian kepada masyarakat.

Hal itu dilakukan mahasiswa dari kampus multikultural tersebut dengan memberikan pengajaran kepada anak-anak yang berada di pesisir Pantai Tamban, Desa Tambakrejo Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang.

Baca Juga : UIN Malang Jaring Calon Mahasiswa Unggul di Jalur Mandiri

 

Para mahasiswa membuka kelas Bimbingan Belajar (Bimbel) untuk anak-anak pesisir pantai, khususnya untuk mata pelajaran yang seringkali banyak tak disukai oleh siswa, yakni Matematika. Selama dua jam lamanya pembelajaran tersebut digelar di salah satu rumah warga setempat dan dijalankan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Sejumlah materi mengenai pelajaran matematika, seperti halnya operasi bilangan bulat, operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan biasa diajarkan para mahasiswa dalam Bimbel yang dilakukan setiap sore oleh para anak-anak warga pesisir pantai.

Bimbel terhadap para anak-anak dilakukan lantaran dilihat dalam pemahaman dan proses pembelajaran anak-anak pesisir pantai sedikit kesulitan dalam memahami materi pembelajaran yang dikirimkan dari sekolah. Seperti diketahui, selama ini anak-anak masih melakukan sistem pendidikan secara daring lantaran masih dalam masa pandemi.

Hal itu, mau tak mau membuat mereka tak bisa berinteraksi atau berkomunikasi langsung dengan para guru untuk bertanya secara jelas mengenai materi pembelajaran.

Dr. Riril Mardiana Firdaus, S.Pd., MM selaku Dosen Pendamping Lapangan (DPL), menjelaskan, jika Bimbel ini merupakan salah satu program kerja (proker) dari mahasiswa KKN Unikama Kelompok 28.

"Diharapkan dengan apa yang dilakukan mahasiswa KKN ini, tentunya bisa membawa manfaat dan kemajuan Desa Tambakrejo terutama di bidang pendidikan anak-anak desa," bebernya.

Baca Juga : Kiprah Nyata Mahasiswa Unikama, Dongkrak Kemajuan Berbagai Bidang di Desa Tambakrejo

 

Verly, salah satu mahasiswa peserta KKN  Kelompok 28 menambahkan, jika dengan kegiatan Bimbel ini, memang diakui dapat membantu para siswa yang mengalami kendala dalam proses pembelajaran, utamanya untuk mata pelajaran matematika.

“Kami senang dapat membantu para siswa, ketika ada tugas rumah yang belum dimengerti bisa memberikan pemahaman serta membantu para guru dalam perannya sebagai pengajar,” ungkapnya.

Dalam kegiatan Bimbel sendiri, para siswa atau anak-anak pesisir pantai nampak sangat antusias dan semangat dalam proses belajar. Hal itu tak pelak mendapatkan apresiasi dari Kepala Desa Tambakrejo.

“Saya sangat berterimakasih kepada mahasiswa  KKN Unikama, karena di tengah pandemi Covid-19 ini masih bisa membantu kami dalam meringankan kesulitan anak-anak terutama dalam hal belajar,” ungkap Yonatan selaku Kepala Desa Tambakrejo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru