Hendro Siswanto dkk saat ditempa latihan fisik (official Arema FC)
Hendro Siswanto dkk saat ditempa latihan fisik (official Arema FC)

MALANGTIMES - Johan Ahmat Alfarizi dkk usai menjalani latihan fisik yang dilakukan di Kebun Raya, Purwodadi, Kabupatennya Pasuruan. Sebuah tradisi yang selalu dilakukan Arema FC saat ingin menggembleng timnya sebelum turun di kompetisi.

Suasana Kebun Raya, Purwodadi memang sangat mendukung untuk tim sepak bola yang ingin melakukannya latihan fisik, karena di sana terdapat Track lari dengan sedikit tanjakan. Selain itu banyaknya pohon juga membuat pemain bisa semakin Fresh meski latihan yang dilakukan cukup berat.

Baca Juga : Setelah Bauman, In-Kyun Mundur dari Arema FC

Asisten pelatih Arema FC, Charis Yulianto mengatakan bahwa latihan fisik yang dilakukan timnya ini memang harus dilakukan karena tim pelatih sudah membuat program latihan. "Pemain harus mempunyai Speed (kecepatan), Strength (kekuatan) dan Endurance (ketahanan) agar dalam pertandingan bisa maksimal," ucap Charis.

Menurut Charis, latihan di luar lapangan ini merupakan puncak dari persiapan yang sebelumnya dilakukan di Stadion Kanjuruhan. Namun asisten pelatih akan tetap terus memantau hingga pada akhirnya nanti akan dikendalikan oleh pelatih kepala yang datang pada awal September. "Ini memang puncak dari latihan yang sebelumnya digelar. Kurang lebih tiga minggu ya sudah menggelar latihan (di lapangan)," ujarnya.

Biasanya, ada momen dimana pemain Arema FC akan menjalani Training Center. Hal itu juga untuk memantapkan strategi tim di mana pelatih baru juga selalu membawa filosofi sepak bola berbeda. Namun hal itu masih menunggu keputusan dari pelatih kepala apakah akan menggunakan metode seperti itu atau justru hanya diaplikasikan pada latihan rutin.

Sementara itu, beberapa pemain yang mengalami masalah pada kakinya juga mendapatkan perhatian dari fisioterapi. Karena sebelumnya, Kurniawan Kartika Ajie dan Hanif Sjahbandi mengalami cedera, hanya saja Kartika Ajie harus naik meja operasi sementara Hanif sudah pulih kembali.

Baca Juga : Cedera Parah, Kiper Arema Naik Meja Operasi

"Untuk pemain yang cedera, mereka ada program sendiri dalam pengawasan fisioterapis Arema," pungkas Charis. Untuk diketahui, beberapa pemain yang mengalami cedera adalah Syaiful Indra Cahya, Taufik Hidayat, Dendi Santoso, dan Kushedya Hari Yudo.