Selamat Jalan Coach Djoko Susilo, Pelatih Kawakan yang Banyak Melahirkan Pemain Potensial

Aug 22, 2020 12:49
Djoko Susilo ketika mrndampingi anak asuhnya bertanding. (istimewa)
Djoko Susilo ketika mrndampingi anak asuhnya bertanding. (istimewa)

MALANGTIMES - Kabar duka kembali menyelimuti dunia sepak bola Malang Raya. Salah satu pelatih senior asal Dampit, Kabupaten Malang, Djoko Susilo meninggal dunia pada Sabtu (22 Agustus 2020) karena diabetes. 

Semasa hidupnya, Djoko banyak mengembangkan karir kepelatihan di luar Malang. Tercatat dia pernah lama menukangi Persiwa Wamena. Selain Persiwa, Deltras Sidoarjo dan Madura United pernah merasakan besutan tangan dingin Djoko. Terakhir Djoko melatih PSCS Cilacap. 

Baca Juga : Setelah Bauman, In-Kyun Mundur dari Arema FC

Dengan meninggalnya Djoko, dalam sebulan terakhir, banyak pelaku sepak bola yang berkaitan dengan Malang yang meninggal dunia. Sebelum Djoko, mantan pelatih Arema  Henk Wullems juga meninggal dunia di Belanda. Kemudian pemain asal Kamerun  Francis Yonga yang pernah membawa Arema dua kali juara Piala Indonesia.

Meski belum pernah menangani tim besar di Malang, kiprah Djoko sebagai pelatih sangat diperhitungkan. Dia mampu mengorbitkan pemain muda asli Malang yang bisa menjadi andalan tim-tim besar di tanah air.

Sebelum keluar Malang untuk melatih, Djoko Susilo mendirikan sebuah sekolah sepak bola yang berpusat di Dampit dengan nama Kaki Mas (Kanan Kiri Masjid). Hingga kini klub lokal tersebut masih eksis berdiri dan mengikuti kompetisi internal di bawah naungan Persema.

Bahkan dari klub lokal tersebut, lahir pemain-pemain seperti Yanuar Firnanda yang pernah menjadi kiper Deltras Sidoarjo serta Sukasto Efendi dan Dodit Fitrianto yang pernah memperkuat Persema Malang.

Atas kepergian pelatih senior itu, beberapa tim di Indonesia dan pelatih mengucapkan belasungkawa, baik melalui akun Instagram pribadi ataupun story WhatsApp. Misalnya asisten pelatih Arema FC Charis Yulianto. Dia mengucapkan belasungkawa melalui story WhatsApp pribadinya setelah mendengar Djoko meninggal dunia.

"Innalillahi wa innailaihi rojiun, ikut berduka. Semoga Almarhum khusnul khotimah. Selamat jalan Djoko Susilo," tulis Charis yang disertai foto Djoko Susilo.

Baca Juga : Cedera Parah, Kiper Arema Naik Meja Operasi

Ucapan duka juga diungkapkan mantan pemain Timnas Indonesia, Yeyen Tumena. Keduanya pernah dekat karena dulu pernah menjadi instruktur pelatih lisensi D. "Innalillahi wa inna lillahi rojiun. Telah mendahului kita Alm Coach Djoko Susilo. Selamat jalan Sahabat, semoga surga menantimu," tulis Yeyen.

Sebelumnya, beredar video Djoko Susilo yang terbaring di kamar rumahnya sehari sebelum meninggal dunia. Djoko hanya bisa tertidur dengan tangannya mengenakan infus. Selamat jalan, Coach Djoko.

 

Topik
Berita Malang djoko susilo Meninggal Dunia Mantan Pelatih Arema FC

Berita Lainnya

Berita

Terbaru