Kelvin Ibnu Putra (paling kiri) saat dilepas oleh ketua KONI Jember untuk bertanding Pushbike di Kota Malang (foto : Moh. Ali Makrus / Jatim TIMES)
Kelvin Ibnu Putra (paling kiri) saat dilepas oleh ketua KONI Jember untuk bertanding Pushbike di Kota Malang (foto : Moh. Ali Makrus / Jatim TIMES)

MALANGTIMES - KONI Kabupaten Jember memberangkatkan 2 atlet Pushbike (olah raga sepeda tanpa menggunakan pedal) untuk mengikuti kejuaraan di Kota Malang. Kejuaraan ini digelar pada 17 Agustus 2020 besok, dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan ke 75 RI.

Acara pelepasan dilakukan langsung oleh ketua KONI Jember Abdul Haris Afianto. Alvin panggilan akrab Abdul Haris Afianto, mengatakan bahwa keberadaan atlet Pushbike di Jember ini merupakan aset yang harus dijaga. 

Baca Juga : Tiga Atlet Puslatda Malang Raya Reaktif saat Rapid Test

Pasalnya, atlet Pushbike yang dimiliki oleh Kabupaten Jember masih sangat terbatas jumlahnya.

“Adik Kelvin ini merupakan aset yang harus dijaga, apalagi ia sudah pernah menjuarai lomba di luar negeri, yakni juara 1 kejuaraan Pushbike di Malaysia, dan beberapa kali menjuarai lomba ini di berbagai daerah,” ujar Alvin.

Alvin tidak memungkiri, bahwa olahraga Pushbike di Kabupaten Jember masih belum dikenal oleh masyarakat luas. Namun ke depan, cabang olahraga ini akan dikembangkan seiring dengan mulai banyak anak yang minat. 

Pihaknya akan meminta kepada ISSI (Ikatan Sepeda Seluruh Indonesia) Kabupaten Jember untuk melakukan pembinaan.

“Olahraga ini memang dikategorikan untuk anak pra sepeda yakni anak usia 2 sampai 6 tahun, sehingga masih belum familiar di masyarakat. Namun dengan adanya Kelvin yang sudah melanglang buana ke beberapa daerah di Indonesia, bisa memberikan inspirasi kepada anak-anak di Jember,” beber Alvin.

Baca Juga : Sukses Digelar, PBSI Kota Bakal Jadikan Home Tournament Agenda Rutin Tahunan

Alvin optimis, bahwa olahraga Pushbike ini akan diminati oleh anak-anak di Jember. “Nanti akan kita sampaikan ke Bupati, mudah-mudahan bisa memberikan solusi dengan menyiapkan tempat latihan untuk bibit atlet sepeda,” beber Alvin. (*)