Menteri Pertanian Syahrul Yasin Menikmati Jeruk Keprok 55, Ajak Warga Makan Jeruk

Aug 14, 2020 16:42
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat memetik buah jeruk di Balitjestro (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo saat memetik buah jeruk di Balitjestro (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo hadir di tengah-tengah perkebunan jeruk di Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro) yang terletak di Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Jumat (14/8/2020). Kali ini ia menikmati petik jeruk di kebun Balijestro.

Saat memetik jeruk itu, Syahrul ditemani oleh Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, Kepala Balitjestro Harwanto, Kapolres Batu Harviadhi Agung Prathama, dan tamu lainnya. Sebelum memetik, Syahrul mendapat arahan terlebih dahulu oleh petugas tentunya agar tidak merusak pohon jeruk tersebut.

Baca Juga : Pertanian Bawang Putih Kembali Bangkit di Kota Batu, tapi Butuh Pangsa Pasar

Setelah petugas menjelaskan, Syahrul mengambil perlengkapan untuk memetik yakni gunting. Dengan gunting itu Syahrul memotong jeruk pada batang yang memiliki daun. 

Ia pun memetik beberapa jeruk jenisnya keprok batu 55 kemudian menikmatinya di bawah gazebo. Saat memakan jeruk itu, Syahrul sangat menikmatinya. 

“Jeruk ini tidak kalah dengan jeruk di dunia. Ayo makan jeruk khas Indonesia, kesegarannya tidak kalah dengan jeruk negara lain. Jeruk ini adalah kekuatan bangsa Jawa Timur khususnya di Kota Batu keprok batu 55,” ucapnya sambil menikmati jeruk. 

Ia menambahkan, jeruk Indonesia tidak kalah dengan negara lain. Jeruk tersebut memiliki vitamin untuk meningkatkan imun agar terhindari dari virus Covid-19.

“Jeruk Indonesia ini memiliki vitamin yang kuat untuk meningkatkan imun dan menjaga dari virus. Kota Batu harus bangga dengan jeruk hasil pertanian lokal,” tambah Menteri Pertanian ke-28 ini. 

Baca Juga : Terapkan Protokol Kesehatan di Rumah Makan, Pajak Restoran Dulang Pendapatan Rp 4 Miliar

“Dengan budidaya, varietas yang baik, merupakan rahmat bagi petani contohnya di Kota Batu, mari makan buah jeruk Indonesia,” jelasnya. 

Sementara itu Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menambahkan, agar pesan dari Menteri Pertanian diingat yakni mengkonsumsi jeruk yang baik kesehatan. “Nasehat Pak Menteri diingat, jangan lupa makan Keprok batu 55, vitamin c -nya luar biasa,” ujarnya.

Selain itu sebelum memetik jeruk, Syahrul terlebih dahulu melepas bibit buah gratis di sana. Totalnya kurang lebih 15 ribu bibit, itu dikirim ke Jember, Lumajang, dan sebagainya. Terdapat bibit buah anggur, jeruk, apel, dan lengkeng. 

Topik
Berita Hari Ini Menteri Pertanian Balitjestro Jeruk Keprok Batu 55 Unggul

Berita Lainnya

Berita

Terbaru