Joko Susilo (bertopi) saat berbincang dengan Tommy Pranata (kanan) sebelum bermain bola bersama (istimewa)
Joko Susilo (bertopi) saat berbincang dengan Tommy Pranata (kanan) sebelum bermain bola bersama (istimewa)

MALANGTIMES - Mantan pemain Arema Indonesia yang berhasil membawa juara Liga Indonesia 2009/2010 silam, Tommy Pranata dianggap Joko 'Gethuk' Susilo punya modal yang bagus untuk menjadi pelatih di masa mendatang.

Bertemu dalam satu lapangan saat bermain bola bersama wartawan Malang Raya, Joko Susilo seakan merasakan momen dimana mereka berdua masih bekerjasama sebagai pemain dan asisten pelatih.

Baca Juga : Tak Bisa Minimalkan Kontak Fisik, Dokter Tim Arema Lakukan Pemeriksaan Berkala

Ya, dulu Joko Susilo adalah asisten dari Robert Rene Albert saat Arema Indonesia meraih gelar juara Liga Indonesia. Sedangkan Tommy Pranata adalah gelandang yang cukup diandalkan ketika itu.

"Kalau ingat memori itu ya sangat bagus sekali. Dia dulu pemain saya dan saya asisten pelatih. Kini bermain satu lapangan tapi untuk olahraga saja," ujar Joko Susilo.

Kini, Tommy Pranata merupakan pelatih dari Aji Santoso Internasional Football Academy (ASIFA) dan mulai menapakkan kakinya di dunia kepelatihan. Hal itu dianggap Joko Susilo sangat bagus karena pemain yang dulunya bernomor punggung 11 Arema Indonesia itu cukup disiplin.

"Saya kira bagus ya, karena dari ASIFA dia bisa belajar mencari pengalaman. Dan pengalaman harus dilalui tidak bisa dipelajari," ucap Joko Susilo yang diamini oleh Tommy Pranata.

"Modal dia berangkat dari saat jadi pemain, dia disiplin dan tidak pernah buat kesalahan. Mungkin faktor cedera saja yang membuat dia sedikit berkurang," imbuhnya.

Baca Juga : Pegang Kendali 'Sementara' Pelatih, Ini Harapan Charis Yulianto

Meski nantinya akan jadi kompetitor dalam hal kepelatihan, Joko Susilo yakin Tommy Pranata bisa menjadi pelatih yang bagus di Indonesia. "Saya yakin Tommy bisa jadi pelatih bagus, karena orangnya mau belajar dan bekerja keras," pungkasnya.