Update situasi Kota Batu 6 Agustus 2020. (Foto: Pemkot Batu)
Update situasi Kota Batu 6 Agustus 2020. (Foto: Pemkot Batu)

MALANGTIMES - Setelah beberapa hari tidak ada kasus baru alias melandai, Kota Batu kembali menambah daftar panjang kasus Covid-19. Pada Kamis (6/8/2020) kemarin, ada tambahan cukup signifikan di Kota Batu yakni 8 terkonfirmasi positif yang aktif.

Selain itu, Dinas Kesehatan Kota Batu juga mendata adanya 1 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 yang meninggal dan penambahan pasien sembuh sebanyak 1 orang. Untuk 8 orang terkonfirmasi dengan status aktif ini tersebar di desa/kelurahan di tiga kecamatan.

Baca Juga : Bertambah 7 Pasien, Jumlah Kasus Covid-19 di Kabupaten Malang Meningkat jadi 531 Kasus

“Tambahan ada 8 warga terkonfirmasi aktif Covid-19,” ucap Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu, M. Chori.

Ia merinci dari 8 warga itu terdapat di Kecamatan Batu ada di 4 desa/kelurahan. Di antaranya dua orang dari Desa Pesanggarahan jadi totalnya di 3 warga. Lalu satu orang dari Kelurahan Songgokerto, satu warga Kelurahan Sisir menjadi 4 orang. Kemudian satu warga Desa Sumberjo.

Sedangkan untuk di Kecamatan Junrejo satu warga ada di Desa Beji, dua warga dari Desa Tlekung. Dan di Kecamatan Bumiaji hanya ada tambahan satu orang dari Desa Giripurno.

“Selain tambahan pasien yang terkonfirmasi aktif, juga ada tambahan yang sembuh satu orang dan meninggal dunia satu orang,” imbuhnya. 

Satu orang yang sembuh itu merupakan dari warga Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo. Dengan demikian di sana sudah tidak ada lagi pasien terkonfirmasi aktif. Dan yang meninggal dunia dari warga Kelurahan Sisir Kecamatan Batu.

Sementara itu hingga saat ini jumlah akumulatif mencapai 183 orang, diantaranya aktif 22 orang, sembuh 147 orang, dan meninggal dunia 13 orang. Atau presentase kondisi pasien Covid-19 di Kota Batu aktif 12 persen, meninggal dunia 7 persen, dan sembuh 81 persen. 

Baca Juga : Angka Kematian Covid-19 Malang Raya Dinilai Tertinggi Se-Indonesia, Begini Respon Sutiaji

Sedangkan untuk kasus suspek jumlahnya 181 orang. Probable 3 orang, diisolasi 39, dan discarded 118 orang.

Dengan kawasan zona merah atau risiko tinggi di Kecamatan Junrejo ada di Desa Mojorejo, Desa Pendem. Lalu di Kecamatan Batu ada di Desa Pesanggarahan, Kelurahan Songgokerto, dan Kelurahan Sisir. Kecamatan Bumiaji ada di Desa Giripurno, dan Desa Punten