Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Semester I 2020, Investasi di Jatim Tembus Rp 51 Triliun

Penulis : M. Bahrul Marzuki - Editor : Heryanto

05 - Aug - 2020, 19:11

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa ketika mengunjungi pabrik Indofood
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa ketika mengunjungi pabrik Indofood

MALANGTIMES - Kinerja realisasi investasi Jawa Timur (Jatim) semester I tahun 2020 mencatatkan angka pertumbuhan 59,2 persen (yoy). Angka tersebut bahkan melebihi kinerja investasi nasional yang hanya mampu naik dikisaran 1,8 persen (yoy). 

Berdasarkan data rilis resmi BKPM RI, pada periode Januari – Juni 2020 ini, total investasi (PMA dan PMDN) di Jatim senilai Rp 51 triliun yang terdiri dari PMA sebesar Rp 12,5 triliun, dan PMDN sebesar Rp 38,4 triliun. 

Baca Juga : Pertanian Bawang Putih Kembali Bangkit di Kota Batu, tapi Butuh Pangsa Pasar

Secara nasional, capaian ini menduduki peringkat kedua, setelah Jawa Barat yang mencatatkan angka realisasi Rp 57,9 triliun. Diurutan ketiga bertengger DKI Jakarta dengan angka Rp 50,2 triliun. 

Menanggapi capaian tersebut, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan rasa syukurnya. Menurut dia, bukan pekerjaan mudah mencapai angka tersebut karena adanya pandemi Covid-19 yang berdampak pada pelemahan perekonomian dunia. 

“Alhamdulillah ini menjadi berita baik bagi perekonomian Indonesia. Jatim masih menjadi salah satu primadona investasi bagi para investor dalam negeri maupun investor asing yang akan menanamkan modalnya di Indonesia,” ungkap Khofifah, Rabu (5/8/2020). 

Khofifah memaparkan, realisasi PMDN Jatim disokong dua sektor utama, yakni sektor transportasi, gudang dan telekomunikasi yang menyumbang angka Rp 18,72 triliun. Serta sektor perumahan, kawasan industri dan perkantoran dengan kontribusi Rp 3,69 triliun. 

Sedangkan realisasi PMA terutama didukung oleh sektor industri kimia dan farmasi dengan capaian Rp 4,26 triliun, dan sektor industri nakanan yang memberikan sumbangan sebesar Rp 2,4 triliun. 

Negara dengan kontribusi investasi tertinggi adalah Singapura dengan realisasi sebesar Rp. 4,03 triliun, disusul Jepang dengan kontribusi sebesar Rp 3 triliun. 

“Jatim fokus pada upaya penciptaan iklim usaha yang kondusif dan kemudahan akses dalam perizinan usaha. Kami ingin investor tertarik untuk menanamkan modalnya di Jatim sehingga membawa manfaat bagi perekonomian masyarakat,” ujarnya. 

Baca Juga : Segera Tukar! 6 Pecahan Rupiah Ini Bakal Tak Laku Lagi Mulai Tahun 2021

Lanjutnya, Jatim akan terus menjajaki peluang-peluang investasi dari negara lain dengan terus melakukan promosi, sosialisasi perizinan dan nonperizinan serta instrumen-instrumen lainnya yang membuat investor tertarik untuk berinvestasi.

Sementara itu, Kabupaten Pasuruan menduduki peringkat pertama realisasi investasi PMDN dengan nilai realisasi sebesar Rp 2,6 triliun, disusul Kabupaten Mojokerto (Rp 1,6 triliun), Kabupaten Jombang (Rp 1,6 triliun), Kab. Gresik (Rp. 1,5 triliun) dan Kabupaten Tuban (Rp 1,3 triliun). 

Sedangkan pada kategori PMA, posisi tertinggi diraih oleh Kota Surabaya dengan capaian realisasi Rp 11,5 triliun, disusul Kabupaten Gresik (Rp 11,2 triliun) pada peringkat kedua, kemudian Kabupaten Sidoarjo (Rp 4,2 triliun), Kabupaten Pasuruan (Rp 3,3 triliun), dan Kabupaten Probolinggo (Rp 3,3 triliun). 

“Kami optimistis pada semester ke II tahun 2020, Jatim bisa membukukan nilai investasi lebih besar lagi,” pungkasnya.

 


Topik

Ekonomi


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

M. Bahrul Marzuki

Editor

Heryanto