BMH Gerai Malang salurkan ribuan paket hewan kurban dan dibagikan se-Malang Raya. (Istimewa).
BMH Gerai Malang salurkan ribuan paket hewan kurban dan dibagikan se-Malang Raya. (Istimewa).

MALANGTIMES - Ribuan paket daging kurban disalurkan BMH (Baitul Maal Hidayatullah) Jatim Gerai Malang untuk warga terdampak covid-19. Paket kurban itu juga disalurkan kepada masyarakat di daerah yang sering mengalami kekeringan saat musim kemarau datang.

Setidaknya ada 18.200 paket daging kurban yang dibagikan Lembaga Amil Zakat Nasional BMH Gerai Malang pada momen Idul Adha 1441 H tersebut. Dalam momen berbagi kali ini, BMH Malang mengangkat tema “Kurban Plus Sedekah Jariah Sumur Bor”.

Manajer Operasional BMH Jatim Gerai Malang Sony Abdul Karim menjelaskan, untuk membantu masyarakat terdampak covid-19, khususnya di daerah yang sering mengalami kekurangan air bersih karena musim kemarau, pihaknya mengajak masyarakat dan para dermawan untuk memanfaatkan momentum Idul Adha dengan meraih total kebaikan melalui berkurban yang memiliki manfaat ganda.

Baca Juga : UIN Malang Kurban 8 Sapi 17 Kambing, Disalurkan ke Masyarakat dan Civitas yang Membutuhkan

"Kami mengajak masyarakat dan para dermawan berjuang bersama BMH agar mampu membantu masyarakat yang tinggal di pelosok desa supaya bisa menikmati daging hewan kurban dan ketercukupan kebutuhan air bersih," kata Karim, Senin (3/8/2020).

Menurut dia, spirit ibadah kurban itu tidak hanya sekadar membangun dan menjaga hubungan individu dengan Tuhannya. Tapi yang tidak kalah penting, turut membangun manusia yang satu dengan yang lainnya secara berkesinambungan. "Ibadah kurban harus bisa mendorong setiap individu memiliki keyakinan bahwa harta yang kita miliki sebagian merupakan hak orang lain yang harus kita berikan," terangnya.

Pria kelahiran Surabaya tersebut lebih jauh juga menjelaskan, BMH Jatim Gerai Malang telah mendistribusikan 18.200 paket daging kurban untuk masyarakat se-Malang Raya. "Penyembelihan kami dipusatkan lebih dari 10 titik lokasi. Dan lokasi penyembelihan paling jauh berada di Dusun Licin, Desa Lebakharjo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang," ungkapnya.

Di Dusun Licin yang merupakan daerah pesisir pantai selatan  dan berbatasan dengan Kabupaten Lumajang, penyembelihan hewan kurban kambing itu sendiri merupakan amanah dari notaris muslim Indonesia. "Kami mengucapkan terima kasih kepada notaris muslim Indonesia yang telah mengamanahkan hewan kurban untuk di salurkan kepada masyarakat di Dusun Licin," tambahnya.

Pasca-Idul Adha, lanjut Karim, BMH Jatim Gerai Malang akan berusaha meningkatkan perekonomian warga kurang mampu terdampak covid-19, khususnya anak berkebutuhan khusus serta para yatim dan duafa, supaya bisa memenuhi kebutuhan gizi secara mandiri.

"Setelah Jdul Adha, kami akan membantu masyarakat dalam bidang perekonomian. Termasuk di antaranya budidamber atau budidaya Ikan dalam ember dan ternak ayam petelur skala kecil," ucapnya.

Untuk mewujudkan program ketahanan pangan mandiri itu, BMH membuka peluang bagi masyarakat yang memiliki kelebihan rezeki untuk berbagi kebaikan dengan memberikan kepedulian melalui donasi peduli ekonomi anak berkebutuhan khusus atau difabel terdampak covid-19.

Baca Juga : Napi Lapas Kelas 1 Malang Turut Berkurban, 35 Hewan Disembelih

Donasi peduli pemberdayaan ekonomi masyarakat kurang mampu serta untuk meningkatkan perekonomian para penyandang disabilitas terdampak covid-19 bisa langsung transfer ke rekening 315 33 00 000 dengan kode bank 014 atas nama Yayasan Baitul Maal Hidayatullah.

Konfirmasi donasi serta informasi bisa menghubungi call center WA 0851 0471 7000 atau bisa datang langsung ke kantor BMH Jatim Gerai Malang Jalan Sidomakmur 15 Dau Malang, telepon (0341) 462738.