Peta sebaran Covid-19 data dari Dinas Kesehatan Kota Batu. (Foto: Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu)
Peta sebaran Covid-19 data dari Dinas Kesehatan Kota Batu. (Foto: Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batu)

MALANGTIMES - Selama dua hari, penambahan angka pasien konfirm positif Covid-19 di Kota Batu nihil. Jumlah kasus yang ada masih stagnan di angka akumulatif 161 orang hingga Senin (27/7/2020). 

Di sisi lain, angka pasien yang sembuh terus naik, mencapai 135 orang atau ada tambahan 2 orang. “Pada Senin ada tambahan pasien konfirm positif yang sembuh 2 orang,” ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu, M. Chori.

Baca Juga : Sebut Ada Kekeliruan Pelaporan, Pasien Sembuh dari Covid-19 di Kota Malang Tak Terdata

Ia merinci, dua orang itu dari Kelurahan Ngaglik Kecamatan Batu satu orang, sehingga totalnya ada 18 orang. Kemudian satu orang dari Desa Pendem Kecamatan Junrejo, totalnya menjadi 4 orang.

Hingga saat ini pasien yang sembuh di masing-masing kecamatan yakni di Kecamatan Batu mencapai 47 orang, Kecamatan Bumiaji ada 41 orang, dan Kecamatan Junrejo sejumlah 47 orang.

Sedangkan dari jumlah akumulatif 161 orang, menyisakan pasien konfirm yang dirawat ada 17 orang. Rinciannya, 3 orang menjalani perawatan di rumah sakit. Kemudian 9 orang isolasi mandiri di rumah masing-masing, 5 orang isolasi di shelter Hotel Mutiara Baru. Lalu tercatat 9 orang meninggal dunia. 

Selain itu untuk orang tanpa gejala (OTG) mencapai 426 orang. 13 di antaranya dalam pemantauan, dan 413 orang selesai pemantauan. Lainnya, orang dalam risiko (ODR) ada 9597 orang, dengan 1128 orang dalam pemantauan, dengan 8469 orang selesai dipantau. 

Lalu orang dalam pemantauan (ODP) sejumlah 433 orang. 74 di antaranya dalam pemantauan, dan 359 orang selesai pemantauan. Sementara, jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) ada 160 orang, dalam pengawasan 45 orang, 100 orang selesai pengawasan, dan 15 orang meninggal dunia. 

Sementara itu, hingga saat ini ada sejumlah 15 desa/kelurahan yang seluruh warganya bebas dari Covid-19. Yakni di Kecamatan Batu hanya di Kelurahan Songgokerto, Ngaglik, Desa Pesanggarahan, dan Desa Sumberejo. 

Baca Juga : PDP Naik Status ke Positif Covid-19 Kian Melonjak Drastis, Ternyata Ini Penyebabnya

Di Kecamatan Bumiaji ada 8 desa/kelurahan yakni Desa Bulukerto, Bumiaji, Pandanrejo, Punten, Sumbergondo, Tulungrejo, Gunungsari dan Sumber Brantas.

Lalu di Kecamatan Junrejo ada di Desa Torongrejo, Tlekung, Pendem, dan Junrejo. Sehingga masih menyisakan 9 desa/kelurahan dari 24 yang di dalamnya terdapat pasien konfirm positif.