Peta sebaran  Covid-19 Dinas Kesehatan Kota Batu. (Foto: Dinas Komunikasi dan Informatika)
Peta sebaran Covid-19 Dinas Kesehatan Kota Batu. (Foto: Dinas Komunikasi dan Informatika)

MALANGTIMES - Jumlah pasien Covid-19 di Kota Batu nyaris menembus tiga digit alias ratusan orang. Hingga Kamis (9/7/2020) total ada 99 pasien terkonfirmasi positif di kota apel ini. 

Jumlah tersebut setelah ada penambahan 5 kasus baru. “Ada tambahan 5 konfirm hari ini (Kamis),” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu M. Chori. 

Baca Juga : Pasien Positif Covid-19 Bertambah 23 Orang, Malang Utara Penyumbang Terbanyak

Ia merinci, 5 pasien tambahan itu yakni C-95 laki-laki, berusia 52 tahun, merupakan warga Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji. Sebelumnya C-95 ini masuk status Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Totalnya di desa tersebut menyisakan 2 orang pasien konfirm. 

Selanjutnya C-96 adalah seorang perempuan, berusia 28 tahun asal Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo. Sehingga di sana pasien positif bertambah menjadi 12 orang. Lalu C-96 ini merupakan tenaga kesehatan di RS Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). 

“3 orang lainnya ini, statusnya adalah Orang Tanpa Gejala (OTG). Dan memang beberapa hari penambahan pasien konfirm ini kebanyakan dari OTG,” imbuhnya. 

Kemudian C-97 perempuan 25 tahun, warga  Kelurahan Ngaglik Kecamatan Batu dengan status sebelumnya adalah OTG. Lalu C-98 laki-laki 2 tahun, asal Kelurahan Ngaglik Kecamatan Batu juga sebelumnya OTG. 

“Dan sama status sebelumnya OTG yang ke 5, C-99 perempuan 16 tahun asal Kelurahan Ngaglik,” jelas Chori. Dengan bertambahnya 3 orang ini, seluruhnya di Kelurahan Ngaglik ada 10 orang pasien positif. 

Baca Juga : Positif Covid-19 11 Kasus, 257 Orang Dirapid dan Swab Test di Desa Mojorejo

Sedangkan, 99 pasien konfirm itu menyisakan 62 pasien, 14 di antaranya menjalani perawatan di rumah sakit dan 25 orang menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Selanjutnya 23 orang di shelter Hotel Mutiara Baru. Lalu 30 dinyatakan sembuh dari Covid-19 dan meninggal dunia sejumlah 7 orang.

Sementara itu, seluruhnya ada 16 desa/kelurahan yang warganya terdapat pasien positif. Dan menyisakan 8 desa/kelurahan yang belum ada warganya terkena Covid-19.